dukun atau peramal
dukun atau peramal

Hukum Percaya pada Dukun dan Peramal

Tan Malaka pernah bilang: “Kalian, jutaan orang Indonesia, tidak akan mungkin merdeka dan maju selama belum membuang segala kotoran magis dari kepala”.

Yang dimaksud Tan Malaka tidak lain fenomena perdukunan. Meramal masa depan, menerawang ruang ghaib, menebak fakta masa akan datang, dan sok tahu kejadian di esok hari, adalah kerjaan para dukun. Sinonim dengan kata dukun adalah paranormal, dan kawan-kawannya.

Ajaran agama Islam mengatakan selain Tuhan tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Kalau ada seseorang yang sok tahu, maka dirinya telah berbohong dan mencoba melawan kodrat kemanusiaannya yang terbatas, ia mencoba melewati batas kewajaran, menyimpang dari keaslian.

Meskipun zaman serba digital dan modern, tapi masih ada orang yang seakan-akan hidup di zaman baheula, yakni percaya kepada dukun. Dukun disangka punya kekuatan adi kodrati. Kemudian dirinya mengadu nasib di tangan dukun, dan segala problem yang dihadapi diselesaikan dengan peran-peran dukun.

Fenomena perdukunan teranyar ditampilkan oleh Rara Isti Wulandari, pawang hujan Moto GP Mandalika. Kali ini ia membuat heboh karena meramal Emmeril Khan Mumtadz, akrab dipanggil Eril, yang terhanyut di sungai Aare, Swiss. Rara dengan sangat meyakinkan meramalkan putra sulung Ridwan Kamil tersebut akan diketemukan tewas. Menurutnya, Eril akan ditemukan di arah arus Sungai Aare ke arah selatan kanan dan tim pencari Eril akan menemukan sobekan celana pendek warna gelap.

Sungguh, ramalan seperti ini tidak pantas di tengah harapan dan doa keluarga atas keselamatan Eril. Menanggapi hal ini, Waketum MUI mengimbau umat Islam menjauhi praktek perdukunan. Ia juga mengimbau agar para peramal atau dukun tidak membuat gaduh.

Baca Juga:  Nikah Siri dan Poligami : antara hukum Islam, Hukum Positif dan Kemashlahatan

Hukum Percaya Pada Dukun atau Peramal

Nabi berkata: “Barang siapa datang kepada peramal kemudian mempercayai perkataannya, maka shalatnya tidak diterima selama 40 hari”. (HR. Muslim, Abu Daud, Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Berdasarkan hadits ini sebagian ulama mengatakan praktek perdukunan dan sejenisnya hukumnya kafir, sebagian ulama yang lain mengatakan sebagai dosa besar.

Dalam riwayat Imam Ahmad Nabi mengingatkan: “Siapa yang mendatangi dukun atau peramal, lalu ia percaya pada apa yang dikatakan, maka dirinya telah mengingkari (kufur) syari’at Islam yang telah diturunkan kepada Nabi Muhammad “.

Diceritakan dalam hadits yang lain, Nabi berkata: “Apakah kalian tahu apa yang difirmankan oleh Rabb kalian”? Para sahabat menjawab: “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui”. Allah berfirman: “Pagi ini diantara hamba-Ku ada yang beriman kepada-Ku dan ada pula yang kafir. Adapun orang yang berkata: “Kami diberi hujan atas karunia Allah dan rahmat-Nya, maka ia beriman kepada-Ku dan kafir terhadap bintang”. Sedangkan orang yang berkata: “(hujan ini) karena bintang ini dan bintang itu, maka ia telah kufur kepada-Ku dan beriman kepada bintang “. (HR. Bukhari)

Dari hadits-hadits di atas sangat jelas bahwa Nabi melarang praktek perdukunan, ramalan, primbon dan lain-lain. Karena, segala praktek yang mencoba menebak kejadian di masa yang akan datang tersebut sangat bertentangan dengan ajaran Islam. Hanya Allah yang mengetahui apa yang akan terjadi berikutnya. Kodrat manusia terbatas dan tidak bisa melampaui keterbatasan tersebut.

Kesimpulannya, hukum mempercayai dukun atau peramal termasuk dosa besar, bahkan menurut sebagian ulama hukumnya kafir. Hal ini seperti ditulis oleh oleh Imam Nawawi dalam Syarah al Nawawi ala Muslim (juz 5, hlm. 22). Keterangan yang sama juga ada dalam kitab Ghayah Talkhis al Murad min Fatawi Ibni Ziyad, Hamisyi Bughyah al Mustarsyidin (hlm. 206).

Bagikan Artikel ini:

About Nurfati Maulida

Avatar of Nurfati Maulida

Check Also

hilangnya Hajar Aswad

Kisah Hilangnya Hajar Aswad di Musim Haji

Pada tahun 317 H Abu Thahir Sulaiman, pemimpin gerakan Qaramithah, memberontak terhadap kepemimpinan Khilafah Dinasti …

bersetebuh dengan hewan

Kisah Ahli Ibadah Bersetubuh dengan Hewan

Beberapa hari yang lalu viral berita seorang laki-laki yang menikah dengan kambing. Prosesi pernikahan berlangsung …