Ibrahim Baycora Muslim Pertama Jadi Kepala Polisi di AS

0
1802

New Jersey – Muslim di Negeri Paman Sam kembali mendapat posisi penting. Setelah sebelumnya, beberapa Muslim terpilih menjadi anggota senat dan dewan kota, kini seorang Muslim keturunan Turki-Amerika menjadi kepala kepolisian.

Adalah Ibrahim “Mike” Baycora, pria berusia 60 tahun itu menjadi muslim pertama yang menjabat sebagai Kepala Polisi di kota Paterson, New Jersey, Amerika Serikat. Dikutip dari dari Northjersey.com, Jumat (7/2/2020), upacara pelantikan Baycora berlangsung di Council Chambers, Balai Kota Paterson, Selasa (4/2/2020) sore

Dengan memegang Alquran, Baycora disumpah sebagai kepala polisi ke-17 Paterson dalam sebuah upacara di balai kota. Dia telah bertugas di departemen kepolisian kota selama lebih dari tiga dekade. Baycora menggantikan Troy Oswald, yang pensiun pada Februari.

Upacara dimulai dengan lagu kebangsaan dan doa-doa. Pelantikan juga dihadiri oleh anggota komunitas Turki di New York dan New Jersey, pejabat senior dari pemerintah lokal Paterson dan keluarga serta kerabat Baycora.

Baycora menjadi Kepala Polisi Kota Paterson ke 17 menggantikan Troy Oswald yang pensiun bulan lalu. Ia telah mengabdi di kepolisian selama 32 tahun. Namun, pengalaman pertamanya dengan kepolisian Amerika justru tidak bagus.

“Saya sempat bertikai dengan polisi mungkin 35 tahun yang lalu, saya bertengkar. Dan saya tidak berpikir saya dapat diperlakukan sebaik mungkin, atau adil,” kata Baycora.

“Jadi aku bilang biarkan aku membuat perubahan dan aku melamar masuk kepolisian”.

Secara singkat, Baycora menyebutkan latar belakang budayanya selama pidatonya. Ia mengatakan “Saya adalah bukti langsung dari mimpi Amerika.

Baycora datang ke Amerika Serikat ketika masih bayi dan dibesarkan di Paterson. Ia lulus dari Boston University dan Rutgers University, dengan gelar sarjana teknik dan administrasi bisnis.

Berbicara pada upacara itu, Wali Kota Paterson, Andre Sayegh mengatakan kota Paterson dan Baycora telah mencatatkan sejarah baru di AS.

“Baycora akan menjadi kepala polisi Turki pertama dalam sejarah AS. Dia akan menjadi kepala polisi Muslim pertama di kota Paterson. AS telah membuat sejarah,” kata Sayegh.