Amalan di Hari Jumat ini Dapat Mendekatkan dengan Rasul di Hari Kiamat

0
1622
makam nabi

Sungguh banyak amalan yang bisa mendatangkan pahala kepada umat Islam. Namun, satu amalan ini memiliki kemuliaan yang besar apabila dilakukan pada malam dan hari Jumat. Salah satu amalan sunnah yang memiliki pahala yang luar biasa di malam atau di hari Jumat adalah membaca Shalawat terhadap Nabi Muhammad.

Bershalawat tentu saja sangat baik dan bermanfaat dilakukan setiap hari. Namun, Nabi dalam sebuah hadist memberikan penekanan penting untuk meramaikan malam dan hari Jumat dengan bershalawat.

Nabi bersabda : “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

Berdasarkan hadist di atas Rasulullah menegaskan bahwa barang siapa yang bershalawat kepadanya, maka ketika kiamat nanti akan berada dekat dengan Rasulullah. Kenapa dekat Rasulullah menjadi impian di hari kiamat? Tentu saja karena Nabi Muhammad adalah Nabi yang diberikan hak istimewa untuk memberikan syafaat kepada umat manusia.

Begitu besar keutamaan dalam  bersholawat. Selain itu bersholawat juga memiliki banyak manfaat terkhusus di malam Jumat atau di hari Jumat di antaranya:

1. Siapa yang paling banyak bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW pada hari Jumat, maka akan dekat kedudukannya dengan Nabi SAW di Yaumil Mahsyar kelak.

2. jika bershalawat satu kali di malam jumat, maka malaikat akan bershalawat 10 kali bagi siapa yang membacanya. Bershalawatnya malaikat kepada Rasulullah sama hal ya dengan meminta apapun untuk manusia tersebut.

3. Memperbanyak membaca shalawat pada hari dan malam jumat, maka Nabi Muhammad akan menjadi saksi dan penolongnya pada hari kiamat.

4. Pada hari Jumat Malaikat yang diciptakan dari cahaya akan turun ke bumi. Tangan-tangan mereka memegang pena yang terbuat dari emas dan lembaran-lembaran kertas terbuat dari cahaya. Mereka tidak menulis kecuali shalawat untuk nabi Muhammad.

Inilah beberapa keutamaan shalawat pada hari jumat. Meski amalan ini mudah dilakukan, namun dalam menjalankan akan banyak rintangan karena rutinitas duniawi yang membuat lupa. Luangkan waktu jika tidak setiap hari, minimal di malam dan hari Jumat untuk selalu bershalawat kepada Nabi.

Semoga kita kita selalu lekat dengan kalimat shalawat untuk makhluk termulia Nabi Muhammad. Dan semoga Nabi akan duduk bersama dan dekat dengan kita di hari kiamat.