dekat dengan rasulullah
Nabi Muhammad

Ingin Dekat dengan Rasulullah di Hari Kiamat ? Catat Amalan ini Di Hari Jumat

Siapa yang tidak ingin berada di samping Rasulullah di saat hari kiamat yang menentukan akhir nasib seluruh manusia. Dekat bersama Rasulullah, tentu sudah dipastikan mendapatkan syafaat yang diimpikan tidak hanya umat Islam, tetapi umat Nabi-nabi yang lain.

Umat Islam tentu lebih berbahagia karena Rasulullah telah menjanjikan mereka akan selalu di dekat Rasulullah ketika hari kiamat. Namun, tentu tidak semudah itu, tetapi tidak seberat yang kita pikirkan. Jika kita rutin mengerjakan amalan yang sangat ringan ini insyallah akan didekatkan bersama Rasulullah dalam menghadapi ujian akhir kiamat.

Umat Islam tentu wajib mencatat amalan ini karena sejatinya tidak terlalu sulit. Hanya perlu istiqamah agar batin kita selalu tersambung bersama Rasulullah. Amalan yang dijanjikan kedekatan bersama Rasulullah di hari kiamat itu sebagaimana disabdakan oleh beliau dalam sebuah hadits :

Nabi bersabda : “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi).

Membaca dan memperbanyak shalawat di hari jumat adalah salah satu amalan mudah yang bisa menghantarkan kita selalu dekat dengan Rasulullah. Kenapa harus hari jumat? Tentu hari-hari lain juga tidak ada salahnya memperbanyak shalawat. Namun, itulah keistimewaan hari jumat.

Dalam sebuah hadist yang lain Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”. Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?” Nabi bersabda,“Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i).

Baca Juga:  Etika Berhubungan Intim Suami Istri dalam Islam : Anjuran, Larangan dan Rentang Waktu

Shalawat kita pada hari Jumat dijamin sampai kepada Rasulullah. Semakin kita memperbanyak shalawat di hari jumat semakin pula siraman shalawat itu sampai kepada Nabi yang sejatinya selalu hidup di tengah umat Islam.

Nah, luangkan waktu Jumat kita setidaknya di pagi hari dengan ratusan shalawat atau bahkan ribuan. Di siang hari pun kita luangkan untuk membaca shalawat sebanyak-banyaknya hingga malam hari. Tentu saja, istiqamah menjadi sangat penting. Bukan sekedar jumat kali ini, tetapi Jumat depan kita terus berusaha memperbanyak shalawat. Semoga pada nantinya kita bersama didekatkan bersama Rasulullah di hari kiamat. Amin

Bagikan Artikel ini:

About Ernawati

Avatar of Ernawati

Check Also

mencari ilmu

Kewajiban Mencari Ilmu Sepanjang Hayat

Islam adalah peradaban yang dibangun dengan ilmu dan amal. Banyak sekali ayat dan hadist yang …

jangan biasakan berbohong

Jangan Biasakan Berbohong dari Hal Kecil

Salah satu sikap yang tidak terpuji yang menjadi penyebab kerusakan adalah berbohong. Berbohong merupakan pangkal …