meraih syafaat rasul

Inilah Kunci Meraih Syafaat Rasul Kelak Di Hari Akhir

Setiap muslim pastinya menginginkan syafaat Rasulullah di hari kiamat kelak. Syafaat rasul merupakan keistimewaan yang diberikan Allah kepada Nabi terakhir ini. Di saat seluruh umat manusia kelak mendatangi para Nabinya untuk meminta pertolongan, seluruh Nabi tidak mampu kecuali Rasulullah.

Syafaat rasul merupakan pertolongan terakhir manusia di hari akhir sebelum mendapatkan balasan dari amal dan perbuatannya selama di dunia. Namun, tentu saja tidak semua umat dapat memperoleh syafaat dari rasulullah. Karena itulah, umat Islam harus mempersiapkan amal yang baik untuk mendapatkan syafaat yang diidamkan oleh seluruh umat ini.

Ada beberapa amalan yang dapat di lakukan untuk mendapatkan syafaat Rasulullah.

Pertama, membiasakan doa setelah Adzan

Dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا سَمِعْتُمُ الْمُؤَذِّنَ ، فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ ثُمَّ صَلُّوا عَلَيَّ ، فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً صَلَّى الله عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا، ثُمَّ سَلُوا اللهَ لِيَ الْوَسِيلَةَ ، فَإِنَّهَا مَنْزِلَةٌ فِي الْجَنَّةِ، لَا تَنْبَغِي إِلَّا لِعَبْدٍ مِنْ عِبَادِ اللهِ ، وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَا هُوَ ، فَمَنْ سَأَلَ لِي الْوَسِيلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ

Artinya: “Jika kalian mendengar adzan, maka jawablah seperti apa yang dilantunkan muadzin, lalu bacalah shalawatlah untukku, karena barangsiapa yang bershalawat untukku, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Kemudian mintakanlah kepada Allah untukku al-wasilah, karena dia adalah satu kedudukan di surga yang tidak sepatutnya, kecuali untuk seorang hamba Allah; dan aku berharap, (bahwa) akulah ia. Barangsiapa yang memohonkan untukku al-wasilah, maka akan mendapat syafaatku.” (HR. Muslim 875, Nasai 686 dan yang lainnya).

Hadis diatas menunjukkan akan beberapa rangkaian amalan, yakni dengan cara menjawab adzan (dengan mengikuti seperti ucapan muadzin), membaca shalawat setelah menjawab adzan, membaca doa setelah adzan sebagai perantara mendapatkan syafaat.

Baca Juga:  Inilah Amalan Sunnah Terbaik di Hari Jumat

Kedua, Bersyahadat dengan Sempurna

Bersyahadat merupakan cara yang lainnya untuk mendapatkan syafaat Rasulullah. Bersyahadat dengan sepenuhnya meyakini bahwa tidak ada Tuhan yang berhak di sembah selain Allah.

Seseorang pernah bertanya kepada Rasulullah, “Siapakah orang yang paling bahagia dengan syafa’atmu pada hari Kiamat?” Rasulullah menjawab, “Yang paling bahagia dengan syafa’atku pada hari kiamat adalah, orang yang mengucapkan Laailahailallah dengan ikhlas dari hatinya atau dirinya”. (HR. Al Bukhari).

Ketiga, shalat jenazah

Dari Aisyah bahwa Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda, “Jika ada orang yang wafat dishalatkan oleh 100 kaum Muslimin mereka memberi syafaat (doa) untuk mayit tersebut maka mereka semua akan mendapat syafaat” (HR Muslim).

Jikalau ada seorang muslim yang meninggal hendaknya kita menyolatkannya dengan penuh keiklasan dan tanpa ada syarat siapa dia. Jika dengan keikhlasan kita menyolatkan muslim tersebut maka akan diberikan syafaat tersebut pada si mayit dan juga muslim yang menyolatkannya.

Keempat, memperbanyak shalawat

Perbanyaklah salawat kepada Nabi Muhammad, karena amalan rutin tersebut merupakan salah satu cara untuk mendapatkan syafaat beliau. Abdullah bin Mas’ud berkata bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda, “Orang Yang paling berhak dengan syafaatku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak shalawatnya kepadaku” (HR Tirmidzi)

Kelima, puasa dan membaca al-Quran

Dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah bersabda, “Puasa dan Al Qur`an akan memberi syafa’at kepada seorang hamba pada hari Kiamat kelak. (Amalan) Puasa akan berkata, ‘Wahai Rabb-ku… Aku telah menahannya dari makan pada siang hari dan nafsu syahwat. Karenanya, perkenankan aku untuk memberi syafa’at kepadanya.’ (HR. Ahmad dan Al Hakim).

Itulah beberapa amalan yang sebenarnya ringan untuk dilakukan untuk mendapatkan syafaat dari Nabi. Karena itulah, dari dini kita membiasakan diri dengan amalan yang sangat ringan tersebut, namun memiliki pahala besar dan meraih syafaat rasulullah.

Baca Juga:  Keutamaan dan Amalan Malam Nisfu Sya'ban

Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya kelak di hari akhir. Hari di mana tak ada bantuan dan harapan kecuali dari Sang Maha Segalanya. Semoga kita menjadi orang-orang beruntung di antara umat Rasulullah yang mendapat syafaat beliau. Amin

Effa Novavita

Bagikan Artikel
Best Automated Bot Traffic

About Islam Kaffah

Islam Kaffah