salma lakhani
salma lakhani

Muslimah Imigran dari Uganda Ini Jadi Walikota Muslim Pertama di Kanada

Edmonton – Pemerintah Kanada resmi melantik Salma Lakhani sebagai wakil gubernur Alberta. Muslimah imigran dari Uganda ini, berprofesi sebagai advokat itu menjadi muslim pertama yang menempati jabatan prestisius dalam struktural pemerintahan Alberta dan Kanada. Lakhani menggantikan Lois Mitchell, pejabat sebelumnya yang telah bertugas sejak Juni 2015.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan Salma Lakhani sebagai wakil gubernur ke-19 Alberta, Selasa (30/6/2020) lalu. Ia sudah menetap di Edmonton sejak tahun 1972. Salma selama ini aktif membela hak-hak perempuan, perawatan kesehatan, pendidikan dan memerjuangkan nasib para imigran.

“Sebagai Wagub Alberta, saya tahu dia akan melayani orang-orang di provinsi dan negara kita dengan baik, dan terus menjadi sumber inspirasi bagi semua warga Kanada,” kata Trudeau, dikutip dari laman CTV News.

Ia juga merupakan salah satu mentor di komite penasihat untuk gerakan “100 Women: A Million Possibilities Movement.” Lembaga itu selama ini telah membantu jutaan siswa tidak mampu. Kini ia memiliki tugas baru sebagai perwakilan Ratu Elizabeth II di provinsi mereka, dalam memberikan persetujuan kerajaan terhadap undang-undang provinsi.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Pria Hindu Ini Berjuang Hidup Setelah Selamatkan 6 Muslim Yang Rumahnya Dibakar Massa

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

KH Cholil Nafis

Masalah Warisan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Ini Jawaban KH Cholil Nafis

Jakarta – Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas, beberapa …

Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar

Ajakan Tak Digubris Ketua Umum, Rais Aam PBNU Putuskan Gelar Konbes Jelang Muktamar 7 Desember

Jakarta – Suasana jelang pelaksanaan Muktamar ke-34 Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) semakin panas. Hal …