masjid brunei darussalam
masjid brunei darussalam

Imam Brunei: Menciptakan Kedamaian dan Memerangi Kejahatan Tanggung Jawab Semua Orang

BANDAR SERI BEGAWAN – Melawan tindakan kejahatan serta kriminalitas bukan saja menjadi tanggungjawab aparat keamanan, namun dibutuhkan kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat, oleh karena itulah dalam khutbah jumat para imam di Brunei Darussalam tanggungjawab keamanan adalah tanggungjawab bersama bukan semata-mata aparat keamanan.

“Kita seharusnya tidak memaksakan tanggung jawab kepada polisi. Kerjasama dan ikatan yang solid antara polisi dengan aparat penegak hukum lainnya, pemangku kepentingan dan masyarakat sangat dibutuhkan,” kata mereka sesuai teks khutbah, dikutip di Borneo Bulletin, dan republika.co.id Sabtu (15/1).

Sebagai warga negara dan penduduk, masyarakat disebut harus bekerja bahu membahu dengan polisi untuk memberantas kegiatan kriminal dan menegakkan perdamaian dan stabilitas. Dalam Islam, setiap umat didorong untuk saling menjaga kesejahteraan satu sama lain.

Mereka menambahkan, The Royal Brunei Police Force (RBPF) adalah salah satu lembaga tertua di negara itu. Sejak berdirinya lembaga itu, polisi telah dihadapkan pada kendala dalam menangani kejahatan tradisional dan non-tradisional, selain ancaman cyber.

“Meski menghadapi tantangan tersebut, Polisi selalu siap melayani masyarakat dan menegakkan kedaulatan bangsa, serta memberdayakan stabilitas, pembangunan dan pertumbuhan sosial ekonomi dari ancaman yang dapat mengganggu stabilitas masyarakat dan bangsa,” lanjutnya.

Para imam juga mengatakan perdamaian dan kemakmuran yang dinikmati bangsa adalah berkah dari Allah SWT. Sebagai masyarakat dan hamba Allah, setiap individu harus bersyukur dan terus berdoa agar berkah ini abadi, dengan mengintensifkan zikir kita dan melakukan perbuatan baik, serta menahan diri dari melakukan kesalahan.

“Agama kami menekankan perdamaian dan kemakmuran dalam keluarga, masyarakat dan bangsa. RBPF, di antara badan-badan keamanan publik, telah dipercayakan dengan tanggung jawab untuk menjadi pilar utama perdamaian, kemakmuran dan kerukunan dalam keluarga, masyarakat dan bangsa,” ucap dia.

Baca Juga:  Siapkan Naskah Khutbah Jumat, Kemenag Libatkan Ulama, Praktisi dan Akademisi

Selanjutnya, para imam mengimbau kepada umat untuk berdoa kepada Allah SWT agar polisi pada khususnya, serta masyarakat pada umumnya, diberikan iman yang kuat, pengetahuan, kekuatan mental dan fisik, serta ketekunan tanpa batas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab untuk menegakkan perdamaian dan stabilitas.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

akhlak karimah

Khutbah Jumat – Menyelamatkan Generasi Muda Dari Virus Radikalisme

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …