Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Turki
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Turki

Ini Berbagai Perayaan Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW di Berbagai Belahan Dunia

Jakarta – Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W., yang jatuh pada 29 Oktober tak hanya diperingati oleh umat Islam di Indonesia. Beberapa negara dengan mayoritas Muslim di dunia juga memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad S.A.W., di Mekah pada 12 Rabiul Awal atau 570 Masehi.

Berikut perayaan Maulid Nabi Muhammad di beberapa negara dikutip dari berbagai sumber:

Turki

Di negara pimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan, Maulid Nabi Muhammad S.A.W., diperingati oleh umat Muslim dari segala usia. Mereka berbondong-bondong ke masjid untuk berdoa dan membacakan puisi yang didedikasikan untuk Nabi.

Program keagamaan diselenggarakan di masjid-masjid di seluruh Turki, termasuk di Istanbul, Ankara, Bursa, Edirne, Gaziantep, Hatay, Konya, Hakkari dan Sanliurfa. Umat Islam juga berdoa dan membaca Alquran di rumah masing-masing dan masjid.

Pakistan

Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W., di Pakistan dikenal dengan mengibarkan bendera nasional Pakistan di gedung-gedung tertentu, dan memberi hormat 21 senjata atau hormat 31 senjata. Bioskop diharuskan memutar film religi.

Pakistan dikenal memiliki perayaan Maulid Nabi Muhammad S.A.W., terbesar pada malam sebelum tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Islam, di mana para selebritis berkumpul di Minar-e-Pakistan Lahore atau Menara Pakistan.

Mesir

Perayaan Maulid Nabi Muhammad S.A.W., di Mesir erat kaitannya dengan tradisi Islam mistik, dengan perayaan ala karnaval di jalan-jalan dan melakukan ibadah.

Dilansir Middle East Online, toko-toko permen menyiapkan “pengantin Maulid” tradisional, sebuah patung yang terbuat dari pasta manis yang didandani dengan rok kertas, kerlap-kerlip, dan bunga kain.

Boneka-boneka itu secara tradisional diberikan oleh pria untuk tunangan mereka bersamaan dengan manisan lainnya yang terbuat dari buah kering, kacang-kacangan, dan nougat.

Baca Juga:  Partai-Partai Politik Denmark Desak Pemerintah Larang Azan Dengan Pengeras Suara

Malaysia

Di negara yang satu rumpun dengan Indonesia tersebut, Maulid Nabi Muhammad SAW kerap dirayakan oleh masyarakatnya.

Tak sedikit festival keagamaan dilangsungkan. Seperti Indonesia, Malaysia pun menjadikan Kamis, 29 Oktober 2020 sebagai hari libur nasional untuk memperingati Maulid Nabi.

Afrika Selatan

Setiap tahun, wanita Muslim dan anak-anak di Cape Town, Afrika Selatan memilih baju terbaik mereka untuk dipakai saat Maulid Nabi.

Para wanita tersebut kemudian akan mempersiapkan upacara Rampies-sny dengan memotong daun jeruk dan lemon yang nantinya direndam dalam air mawar.

Setelah beres, mereka akan membungkus potongan tersebut dalam plastik kecil atau kertas mirip permen untuk diberikan kepada pria. Selama upacara tersebut dilakukan, mereka harus mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad SAW.

Palestina

Perayaan pun biasa dilakukan di Palestina. Biasanya dengan menyanyikan lantunan bertema Islam sebagai bentuk kekaguman mereka kepada Nabi Muhammad SAW.

Selama lantunan berisi puji-pujian untuk Nabi itu dinyanyikan, mereka akan arak-arakan di sekitar jalanan Nablus, Palestina. Adapula permen yang dibagikan secara luas kepada anak-anak selama perayaan Maulid Nabi.

Amerika Serikat

Muslim yang tinggal di Amerika Serikat (AS) merayakan Maulid Nabi dengan cara berdoa bersama di tempat tertentu. Seperti Diyanet Center of Amerika dekat Washington DC, Maryland, AS.

Jika berdoa usai dilakukan, akan ada makanan yang disajikan untuk dimakan bersama.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

akhlak karimah

Khutbah Jumat – Menyelamatkan Generasi Muda Dari Virus Radikalisme

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …