ibu hamil
ibu hamil

Inilah 3 Surat dalam Al-Qur’an yang Dianjurkan Untuk Dibaca Oleh Ibu Hamil

Bagi perempuan, kehamilan adalah saat-saat dimana ia merasakan kepayahan bercampur kesenangan. Payah karena ia merasakan perubahan hormonal dalam tubuh yang seringkali berbuntut masalah yang tidak mengenakan. Seperti sering mengalami kram, indera penciuman sensitive, sering buang air kecil, mood cepat berubah, pusing dan sebagainya.

Selain merasa payah, perempuan (tentunya suami dan keluarganya) pada umumnya juga akan merasa bahagia. Hal ini sebab ia akan menghasilkan keturunan. Karena memang faktanya, tak semua perempuan diberi anugerah oleh Allah hal demikian. Maka kehamilan merupakan suatu yang harus disyukuri.

Setiap ibu hamil pastilah mendambakan kelak anaknya lahir akan menjadi anak yang cerdas, saleh dan rupawan. Cita-cita ini haruslah diikhtiarkan sedini mungkin. Yakni sejak anaknya masih dalam kandungan. Ikhtiar terbaik dalam merealisasikan cita-cita ibu hamil di atas adalah dengan cara membaca al-Qur’an.

Membaca al-Qur’an, selain pastinya ibu hamil akan mendapatkan ketenangan dan pahala, juga bisa sebagai doa untuk si ibu hamil dan anak yang dikandungnya. Setidaknya, ada 3 surat dalam al-Qur’an yang dianjurkan untuk dibaca oleh ibu hamil di antara surat-surat lainnya.

Surat-surat tersebut adalah surat Luqman, surat Yusuf dan surat Maryam. Ketiga surat itu banyak dibaca setiap hari oleh ibu-ibu muslimah saat hamil. Karena surat-surat itu diyakini memiliki fadilah selain untuk memperlancar persalinan, juga bisa sebagai wasilah (perantara) doa agar anak yang dikandung menjadi cerdas, saleh dan rupawan. Berikut fadhilah-fadhilah 3 surat al-Qur’an ketika dibaca seorang ibu saat hamil.

1. Surat Yusuf

Surat Yusuf termasuk surat Makiyyah. Surat yang terdiri dari 111 ayat ini sebagian besar menceritakan tentang perjalan hidup seorang nabi Yusuf. Karena nabi Yusuf AS adalah orang yang berbudi pekerti baik dan tumbuh menjadi laki-laki rupawan, banyak orang yang ingin menjatuhkan dan menyingkirkannya.

Baca Juga:  Malas Beribadah ? Ini Faktor, Cara dan Doa Menyembuhkannya

Dalam perjalanan hidupnya, selain disingkirkan oleh saudara-saudaranya, beliau juga difitnah oleh perempuan bernama Zulaikha. Namun perilaku-perilaku buruk yang menimpa nabi Yusuf AS tak sedikitpun membuat beliau dendam dan menjadi pribadi yang buruk. Beliau malah tetap teguh beriman kepada Allah, memaafkan mereka yang menyakitinya dan berbuat adil saat menjadi penguasa.

Banyak orang Islam meyakini membaca surat Yusuf saat hamil, bisa menjadi doa ibu untuk anaknya agar meniru sifat-sifat nabi Yusuf AS yang mulia. Selain itu, dengan keberkahan surat Yusuf, bisa juga menjadi lantaran doa agar kelak anaknya memiliki tampang yang rupawan seperti nabi Yusuf AS.

2. Surat Maryam

Surat Maryam termasuk kategori surat Makiyyah dengan 98 ayat di dalamnya. Sebagaimana nama, surat ini mengisahkan sebagian besar tentang kisah perjalan hidup seorang Maryam, ibu nabi Isa AS. Ibu Maryam dikenal sebagai perempuan yang taat beribadah dan selalu menjaga kesuciannya. Hingga akhirnya Allah mentakdirkan beliau hamil tanpa berhubungan dengan seorang lelaki pun.

Mengetahui hal itu, dirinya diusir oleh masyarakat setempat karena dituduh berzina. Dalam kesendiriannya, beliau tetap beribadah dan menjaga diri dan anak yang ada dalam kandungannya. Sampai-sampai beliau melahirkan sendirian dan atas ridla Allah, persalinannya berjalan mudah dan lancar.

Kemudian bayi yang dikandungnya itu memberi kesaksian bahwa ibunya adalah perempuan baik-baik. Sehingga masyarakatnya pun kembali menerimanya. Dan bayi itu kelak akan menjadi nabi dan rasul yang bernama Isa AS.

Membaca surat Maryam saat hamil, dipercaya akan mendapatkan keberkahan dan kemuliaan dari al-Qur’an dan Maryam itu sendiri. Sehingga kelak saat proses persalinan bisa dimudahkan seperti persalinannya Maryam. Selain itu membaca surat Maryam bisa menjadi wasilah doa agar nanti anaknya meniru Maryam yang tekun beribadah kepada Allah dan menjaga kehormatan dirinya.

Baca Juga:  Tidur Merupakan Miniatur Kematian

3. Surat Luqman

Surat yang terdiri dari 34 ayat ini termasuk surat Makiyyah. Seperti Namanya, surat ini sebagian mengisahkan tokoh bernama Luqman yang dianugerahkan oleh Allah memiliki hikmah, budi pekerti dan ilmu pengetahuan yang sangat baik. Selain itu, surat ini juga menjelaskan tentang perintah dan larangan dari Allah SWT.

Dalam kisahnya, Allah menjadikan Luqman sebagai ahli hikmah. Beliau gunakan nikmatnya itu untuk beribadah kepada Allah dan menasehati anaknya agar selalu ingat kepada Allah. Beberapa ayat diterangkan saat Luqman memberi nasehat kepada anaknya agar selalu berbuat baik, tidak menyekutukan Allah dan bersabar ketika musibah menimpa.

Membaca surat Luqman saat hami, diyakini nasehat-nasehat yang ada dalam surat itu bisa didengar oleh bayi yang dikandung ibu hamil. Karena dalam banyak penelitian, apa yang dirasakan, didengar dan dibaca oleh ibu hamil juga dirasakan oleh bayi yang ada dalam kandungannya.

Surat Luqman juga bisa menjadi doa agar kelak anaknya meniru apa yang dilakukan oleh Luqman. Selain itu, membaca surat Luqman merupakan sebuah doa agar Allah anugerahkan hikmah dan kecerdasan Luqman kepada bayi yang ada dalam kandungannya.

Bagikan Artikel
Best Automated Bot Traffic

About M. Alfiyan Dzulfikar

Avatar