Masjid Eidgah Kabul
Masjid Eidgah Kabul

ISIS Bom Masjid, PBB Kutuk Keras Terorisme di Situs Keagamaan

Jakarta – Kelompok ISIS-Khorasan (ISIS-K) mengaku bertanggungjawab terhadap serangan bom di depan Masjid Eidgah di ibu kota Afganistan, Kabul, Minggu (3/10/2021). Tindakan itu mendapat kecaman keras dari berbagai pihak. Bahkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengutuk keras bom di rumah ibadah itu.

““PBB di Afghanistan mengutuk serangan terhadap orang-orang yang terlibat dalam sebuah acara di sebuah situs keagamaan di Kabul,” ujar PBB dalam sebuah pernyataan, Selasa (5/10/2021).

Sedikitnya delapan orang tewas dan 20 lainnya luka-luka dalam ledakan yang terjadi di pintu gerbang Masjid Raya Eidgah. Saat ledakan terjadi, orang-orang di sekitar masjid tengah melaksanakan salat jenazah ibunda Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid, yang sekarang menjabat Wakil Menteri Informasi dan Kebudayaan di pemerintahan sementara Taliban.

Pasca bom itu, situasi keamanan secara umum tetap tenang di Afghanistan sejak Taliban mengambil alih negara itu pada pertengahan Agustus.

Pasukan Taliban mengklaim telah menyerbu sebuah markas ISIS di Kabul, beberapa jam setelah serangan yang menargetkan masjid di Taliban, diduga dilakukan ISIS. Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan, para pejuang Taliban telah melakukan operasi di utara Kabul pada Minggu (3/10/2021) malam waktu setempat.

“Akibat operasi, yang sangat menentukan dan sukses tersebut, pusat ISIS hancur total dan semua anggota ISIS di dalamnya tewas,” kata Mujahid di Twitter.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Ini Peran Pegawai Kimia Farma Yang Ditangkap Densus 88

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

undangan non muslim

Fikih Toleransi (6): Menghadiri Undangan Non Muslim

Toleransi yang sejatinya merupakan ajaran Islam mulai menipis, bahkan dianggap bukan ajaran Islam. Ini terjadi …

toleransi

Khutbah Jumat – Islam dan Toleransi

Khutbah Pertama اَلْحَمْدُ لله الَذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ وَهَدَانَا إلَى صِرَاطِ الْمُسْتَقِيْمِ صِرَاطِ الَذِيْنَ …