Masjid Ibrahimi
Masjid Ibrahimi

Israel Larang Umat Islam Salat di Masjid Ibrahimi

Hebron – Penjajah Israel melarang umat Islam salat di Masjid Ibrahimi. Larangan itu dikeluarkan karena umat Yahudi sedang merayakan Tahun Baru.

Pengurus Masjid Ibrahimi, Sheikh Hafthi Abu Sneinah dikutip dari Wafa News, Selasa (7/9/2021), mengatakan, pasukan Israel menolak akses warga Palestina ke situs suci bahkan jika untuk di halamannya. Hal ini karena para pemukim Yahudi sedang bersiap untuk menandai liburan Tahun Baru Yahudi.

Sementara itu, anggota Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Ahmad Tamimi mengecam penutupan itu. Menurutnya, tindakan tersebut adalah penghinaan kepada Umat Islam.

“Penghinaan mencolok terhadap perasaan orang Arab dan Muslim, pelanggaran berat terhadap kebebasan kebebasan dan pelanggaran terang-terangan terhadap piagam dan konvensi hak asasi manusia internasional,”jelasnya.

Masjid Ibrahimi, yang dulunya merupakan tempat ibadah Muslim murni, telah dibagi peruntukannya untuk Muslim dan Yahudi. Pembagian ini berlangsung sejak 22 tahun lalu menyusul tindakan pemukim Israel Baruch Goldstein yang menembaki jamaah Muslim saat sholat subuh hingga menewaskan 29 orang.

Namun alih-alih mengeluarkan segelintir pemukim ilegal Israel dari Hebron setelah peristiwa tersebut, Israel memutuskan untuk menghukum para korban pembantaian Palestina dengan membelah masjid, yang juga dikenal sebagai Gua Para Leluhur, menjadi dua.

Israel juga menutup sebagian besar bisnis Palestina di kota tua Hebron, tempat para pemukim mendirikan pangkalan, dan membatasi pergerakan penduduk Palestina.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Gagal Berangkat, Muslim India Ikhlas Sumbangkan Uang Haji Bantu Fakir Miskin Terdampak Pandemi

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

muslim houston amerika serikat rayakan idul fitri dengan menggelar festival

Komunitas Muslim Houston bagikan Makan Gratis Tunawisma

JAKARTA – Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, rahmat yang bukan saja untuk umat Islam namun …

ilustrasi logo nahdlatul ulama

Konbes NU 2022 Lahirkan 19 Peraturan untuk Perkuat Landasan Jam’iyah Optimalisasi Khidmah

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) 2022 …