jokowi
jokowi

Jokowi Tidak Ingin WNI eks ISIS Kembali Ke Indonesia

Jakarta – Kabar rencana pemulangan WNI eks ISIS terus bergulir, pasca pidato kemenag Fahrul Razi di acara Bravo Lima. Meskipun telah disanggah dan menyatakan bahwa substansinya tidak seperti yang diberitakan, namun kabar tersebut telah menjadi konsumsi publik luas dan mendapatkan beragam tanggapan dari masyarakat.

Presiden Joko Widodo sendiri mengaku tidak sepakat dengan rencana pemulangan WNI eks ISIS. Namun Jokowi masih perlu untuk membahasnya dalam rapat terbatas terkait langkah apa yang perlu untuk diambil.  

“Kalau bertanya pada saya, ini belum ratas lo ya, kalau bertanya pada saya, saya akan bilang ‘tidak’. Tapi masih dirataskan. Kita ini pastikan harus semuanya lewat perhitungan kalkulasi plus minusnya semuanya dihitung secara detail dan keputusan itu pasti kita ambil di dalam ratas setelah mendengarkan dari kementerian-kementerian dalam menyampaikan. Hitung-hitungannya,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari laman detik.com, Rabu (5/2/2020).

Jokowi mengatakan wacana pemulangan WNI eks ISIS harus dipertimbangkan secara jelas. Keuntungan dan kelebihannya harus dikalkulasi dengan matang.

“Sampai saat ini masih dalam proses pembahasan, dan nanti sebentar lagi kita akan putuskan kalau sudah dirataskan. semuanya masih dalam proses, plus dan minusnya,” kata Jokowi.

Pernyataan senada sebelumnya disampaikan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud Md. Mahfud mengatakan pemerintah membentuk tim untuk mengkaji positif-negatifnya pemulangan itu.

“Belum ada yang dipulangkan dan masih dianalisis baik-buruknya apakah akan dipulangkan atau tidak. Tapi sampai detik ini belum ada keputusan dipulangkan,” kata Mahfud di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (5/2). Mahfud menyampaikan tim tersebut dipimpin oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius. Tim dibentuk untuk menentukan kepastian akan dipulangkan atau tidak.

Baca Juga:  Muslim Irlandia Gelar Salat Idul Adha di Stadion Megah

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Upacara peringatan HUT ke RI di Ponpes Ngruki

Ingin Hapus Stigma Radikal, Ponpes Ngruki Gelar Upacara HUT ke-77 RI

Solo – Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo akan menggelar upacara peringatan HUT RI, besok. Hal …

ustaz abu bakar baasyir mengikuti upacara hut ke ri di ponpes ngruki

77 Tahun Indonesia Merdeka Jadi Momentum Ponpes Al-Mukmin Ngruki dan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir Gelar Upacara Bendera

Solo – Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki untuk pertama kalinya menggelar upacara peringatan HUT ke- 77 …