Jakarta – Pakar Telematika KRMT Roy Suryo Notodiprojo yang akrab disapa Roy Suryo mengatakan, video kawanan burung putih seolah tawaf di atas Ka’bah adalah nyata. Kawanan burung putih yang berada di atas kabah itu bukanlah rekayasa.

“Kalau saya lihat video tersebut bukan rekayasa, asli. Tapi sebenarnya burung-burung putih seperti itu memang banyak, dan sering keberadaannya di Masjidil Haram,” ujar Roy dikutip dari laman Okezone, Jumat (13/3/2020).

Roy mengatakan, keberadaan burung-burung berwarna putih tersebut dianggap wajar. Mereka (burung putih) seperti sedang menikmati suasana Masjidil Haram yang sepi.

“Menurut saya hal tersebut wajar adanya, apalagi mungkin terlihat berputar-putar karena biasanya kan di bawah banyak jamaah, dan saat tersebut agak sepi, jadi mereka seperti menikmati,” ucapnya.

Ia melanjutkan, gerakan burung tersebut bukanlah seperti tawaf, tapi hanya terbang memutar tanpa arah.

“Lagi pula gerakan sebenarnya juga bukan seperti tawaf lho, karena ini berputar melingkar-lingkar membentuk angka 8, angka 0, tanpa arah. Kalau tawaf kan selalu posisi Ka’bah di sebelah kiri jamaah dan ada hitungannya,” terang mantan Menteri Pemuda dan Olahraga RI itu.

Sementara itu, menurut Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin, fenomena burung putih yang terlihat seperti sedang tawaf kembali kepada Allah SWT. Apakah kawanan tersebut memang sedang mengelilingi Ka’bah, atau hanya terbang tanpa arah.

“Adanya Burung-burung yang terekam kamera seakan sedang berputar di atas Ka’bah layaknya tawaf adalah kuasa Allah SWT. Kita wajib berhusnuzon berprasangka baik kepada Allah SWT.”

“Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa makhluk Allah selain manusia, jin dan malaikat juga bertasbih kepada Allah SWT, atas kehendak Allah SWT,” tuturnya.