Constable Zeena Ali dengan seragama resmi Polwan Selandia Baru berjilbab
Constable Zeena Ali dengan seragama resmi Polwan Selandia Baru berjilbab

Kepolisian Selandia Baru Rilis Seragam Resmi Polwan Berjibab

Wellington – Selandia Baru dikenal sebagai negara yang sangat ramah dengan Muslim. Tragedi penembakan massal di dua masjid di kota Christchurch tahun 2019 bahkan semakin membuat Selandia Baru makin dekat dengan Islam.

Terbukti, kepolisian Selandia Baru baru saja merilis seragam polisi wanita (Polwan) berjilbab pertama, Selasa (17/11/2020). Keputusan membuat seragam resmi polwan berjilbab untuk mendorong lebih banyak Muslimah bergabung menjadi polisi.

Anggota polisi yang terbilang baru, Constable Zeena Ali akan menjadi petugas pertama yang mengenakan jilbab pada seragam resmi kepolisian. Seorang juru bicara polisi mengatakan, kepolisian bertujuan untuk menciptakan layanan inklusif yang mencerminkan komunitas beragam di negara yang dipimpin Perdana Menteri Jacinda Ardern itu.

Polisi Selandia Baru mengatakan, rencana mengembangkan jilbab untuk seragamnya dimulai pada akhir 2018 sebagai tanggapan atas permintaan dari staf polisi yang mengunjungi sekolah menengah. Namun pada penerapannya, Constable Ali adalah orang pertama yang memintanya sebagai bagian dari seragamnya dan diundang untuk ambil bagian dalam proses pengembangan.

Constable Ali lahir di Fiji dan pindah ke Selandia Baru saat kecil. Ia mengatakan kepada New Zealand Herald bahwa dia memutuskan untuk bergabung di kepolisian setelah serangan teror di Christchurch.

“Saya menyadari lebih banyak wanita Muslim dibutuhkan di kepolisian, untuk pergi dan mendukung orang,” katanya dikutip laman BBC via laman Republika.co.id, Rabu (18/11/2020).

“Senang rasanya bisa keluar dan menunjukkan jilbab Kepolisian Selandia Baru sebagai bagian dari seragam saya. Saya pikir melihat itu, lebih banyak perempuan Muslim yang ingin bergabung juga,” ujarnya.

Pasukan lain seperti polisi metropolitan di London dan Polisi Skotlandia menawarkan pilihan seragam berjilbab. Di Inggris misalnya, polisi Metropolitan di London menyetujui hijab seragam pada 2006, diikuti oleh Polisi Skotlandia pada 2016. Di Australia, Maha Sukkar dari Polisi Victoria mengenakan hijab pada 2004.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Gak Usah Jadi ASN Bila Dukung Khilafah

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Dir Cegah BNPT Brigjen R Ahmad Nurwakhid di Universitas Pembangunan Panca Budi

Doktrin Kelompok Radikal Selalu Benturkan Agama dan Budaya, Agama dan Pancasila

Medan – Radikalisme adalah paham yang menjiwai semua aksi terorisme. Mereka selalu mendoktrin, membenturkan agama …

ilustrasi al quran

Khutbah Jumat – Menjalani Kehidupan Dalam Tuntunan Agama

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …