ramadhan segera tiba
ramadhan segera tiba

Ketika Sang Virus Mendahului Ramadhan, Apa yang Harus Dilakukan ?

Ramadhan segera tiba tapi virus itu lebih dulu melanda. Apa yang harus dilakukan umat?


Ramadhan, bulan yang dirindukan Akan segera tiba. Bulan nan penuh rahmat, barakah, dan penuh maghfirah yang di dalamnya Allah turunkan kitab mulia, petunjuk dan cahaya. Di dalamnya Allah memberikan kemenangan besar bagi hamba-Nya pada saat perang Badr.

Untuk itu amal shaleh yang dilakukan Rasulullah Saw di bulan ini bagaikan derasnya hembusan angin dan air yang mengalir. Para sahabat dan salafussalih senantiasa berlomba-lomba meraih keridhaan Allah dengan meraih kebaikan dan amal ibadah pada bulan tersebut.

Allah berfirman, yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. 2: 183).

“Agar kamu bertaqwa” itulah keutamaan besar yang dapat kita raih di bulan ini.

Rasulullah pun menggambar bulan suci ini dengan suasana yang begitu indah dan istimewa. Dalam sebuah hadist Rasul bersabda:

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah mewajibkan kepadamu untuk berpuasa, pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat, juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikan maka dia tidak memperoleh apa-apa” (Ahmad dan An-Nasa’i).

Akan tetapi yang sangat memilukan hati adalah kondisi umat Islam pada masa kini mulai lemah untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Padahal mereka mengetahui keutamaan yang sangat luar bisa terdapat dalam bulan suci Ramadhan.

Ketika Ujian dan Peringatan Tiba Sebelum Ramadhan

Setiap tahun Ramadhan datang bersinggah, tetapi seakan tidak memberikan bekas walau sedikit. Ketika ia datang manusia bersorak bahagia. Ironisnya,  sedikit yang berbahagia karena cinta, mereka lebih tergiur dengan ritual-ritual sementara. Ketika ia pergi pun seakan merasa lega. Tidak ada lagi puasa, tidak pula lapar dan dahaga.

Baca Juga:  Bagaimana Hukum Mengisolasi Korban Virus Corona

Hingga akhirnya sang pencipta menegur manusia, dengan memberikan bencana sebelum Ramadhan tiba. Telah kita saksikan betapa banyak orang menderita, padahal bulan suci akan segera tiba. Laa haula wa laa quwaata illaa billah tiada daya dan upaya melainkan dari Allah.

Tapi jangan takut, karena seorang mu’min memiliki senjata yang sangat ampuh, yaitu Do’a. Rasulullah bersabda

الدُّعَاءُ صِلَاحُ المُؤْمِنِيْن

Artinya: Do’a adalah senjatanya orang-orang mu’min”  

Rasulullah Saw telah mengajarkan kita ketika bencana, masalah, marabahaya datang melanda untuk mengamalkan beberapa amalan yang Allah cinta. Salah satunya adalah do’a.

Adapun doa yang selalu Nabi panjatkan ketika menghadapi bencana seperti wabah ialah :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ


“Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra dan keburukan segala macam penyakit.”

روينا في كتابي أبي داود والنسائي بإسنادين صحيحين عن أنس – رضي الله عنه – : أنَّ النبيَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يقول اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، والجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ. رواه أَبُو داود بإسناد صحيحٍ

 “Diriwayatkan kepada kami di kitab Abu Dawud dan An-Nasa’i dengan sanad yang bagus dari Anas–radliyallahu anhu–Nabi Muhammad SAW berdoa, ‘Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit buruk.’ (HR Abu Dawud dengan sanad sahih).

Sambut Ramadhan dengan Amal Shalih dan Doa

Gunakanlah senjata ini untuk melawan virus-virus berbahaya yang sedang melanda negeri kita. Terutama di bulan yang memiliki banyak keutamaan. Di bulan ini nabi menganjurkan umatnya untuk banyak melakukan amal-amal shalih, di antaranya do’a.

Amalan-amalan shalih di bulan ini seakan pelatih diri sebelum datangnya bulan yang diberkahi. Dahulu, untuk menghadapi bulan Ramadhan para ulama terdahulu membiasakan amalan-amalan shalih semenjak datangnya bulan Sya’ban, sehingga mereka sudah terlatih untuk menambahkan amalan di bulan Ramadhan.

Baca Juga:  Tidak Pakai Masker, Aceh Jaya Terapkan Sanksi Baca Alquran

Abu Bakr Al-Balkhi rahimahullah pernah mengatakan

مثلُ شَهْرِ رَجَبٍ كَالرِّيْحِ، وَمَثُل شَعْبَانَ مَثَلُ الْغَيْمِ، وَمَثَلُ رَمَضَانَ مَثَلُ اْلمطَرِ، وَمَنْ لَمْ يَزْرَعْ وَيَغْرِسْ فِيْ رَجَبٍ، وَلَمْ يَسْقِ فِيْ شَعْبَانَ فَكَيْفَ يُرِيْدُ أَنْ يَحْصِدَ فِيْ رَمَضَانَ.

Perumpamaan bulan Rajab adalah seperti angin, bulan Sya’ban seperti awan yang membawa hujan dan bulan Ramadhan seperti hujan. Barang siapa yang tidak menanam di bulan Rajab dan tidak menyiraminya di bulan Sya’ban bagaimana mungkin dia memanen hasilnya di bulan Ramadhan

Di bulan ini nabi sering berdoa agar Allah dapat mempertemukannya dengan bulan suci Ramadhan, doa yang sangat masyhur yang selalu beliau panjatkan adalah :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban. Dan jumpakanlah kami kepada bulan Ramadhan.”

Di bulan inilah Nabi memperbanyak amal shalih untuk mempersiapkan serta menyambut bulan yang penuh barokah. Di bulan ini nabi memperbanyak puasa, membaca al-qur’an, bersedekah dan amalan shalih lainnya.

Selain itu, Amalan-amalan shalih  dapat kita jadikan modal untuk menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan serta menjuhkan kita dari segala bencana dan mara bahaya.

Tidakkah kita tergiur dengan janji-janji ini untuk kita jadikan modal penguat diri, dan penawar rasa takut yang selama ini menghantui ? Kita memiliki senjata yang telah dijamin ketajamannya oleh sang yang Maha Kuasa. Telah terbukti keampuhannya oleh manusia terbaik sejagat raya, Muhammad Rasulullah.

Wallahu a’lam
 

Bagikan Artikel ini:

About Diah Nuruddiniah

Avatar of Diah Nuruddiniah
Alumni STIBA Ar-Raayah Sukabumi, Mahasiswi PTIQ Program Master Pendidikan Islam

Check Also

tidak takut corona

Ketika Wabah Tak Kunjung Punah, Inilah pelajaran dan Hikmah yang Harus Diambil

Beginilah seorang muslim menyikapi wabah yang tak kunjung punah, yang kerap membuat penduduk bumi panik …

corona mahkluk allah

Corona adalah Makhluk Allah, Bagaimana Muslim Menyikapinya

Pada dasarnya virus corona adalah salah salah satu makhluk Allah yang diciptakan pasti dengan hikmah …