istri
istri

Ketika Tersakiti, Meninggalkan Rumah juga Bukan Solusi Terbaik Istri

Keharmonisan dalam rumah tangga tidak selamanya berjalan mulus. Terkadang selalu saja ada masalah dalam rumah tangga yang datang menerpa pasangan suami istri. Dan terkadang peliknya masalah yang ada membuat sang istri tak kuat untuk menghadapi permasalahan tersebut, sebagian dari mereka memutuskan untuk meninggalkan suami mereka.

Meski niat meninggalkan suami dengan harapan dapat menyelesaikan masalah dan memberi pelajaran kepada suami supaya mereka tidak mengulangi perbuatannya, namun tindakan istri tetap tidak dapat dibenarkan.Sebenarnya meninggalkan suami bukanlah hal yang sepele, bagi wanita yang tidak mengerti hukum Islam, tindakan ini dianggap ringan dan sepele.

Namun bagi wanita yang paham tentang hukum Islam mereka akan memahami betapa fatal dan berat akibatnya karena agama Islam melarang dengan keras hal tersebut. Karena dengan istri meninggalkan rumah tidak akan menyelesaikan masalah justru akan memperumit masalah.

Istri yang lari meninggalkan suaminya terkesan ia lari terhadap tanggungjawabnya sebagai seorang istri dan tak menutup kemungkinan tindakan tersebut menambahkan fitnah bagi dirinya dan juga suaminya. Terlebih jika istri pergi meninggalkan rumah karena dimarahi  suami yang menasihatinya terhadap kesalahan istri.

Rasul SAW bersabda: “Tidaklah istri menyakiti suami di dunia kecuali ia bicara pada suami dengan mata yang berbinar, janganlah sakiti dia (suami), agar Allah tidak memusuhimu, jika suamimu terluka maka dia akan segera memisahkanmu kepada Kami (Allah dan Rasul).” (HR Tirmidzi dari Muadz bin Jabal).

Salah satu alasan mengapa hukum istri meninggalkan suami haram karena istri yang pergi meninggalkan suami akan lebih memudahkan terjadinya perceraian. Maka dari itu sangat dilarang untuk seorang istri pergi meninggalkan rumahnya. Sedangkan perceraian adalah hal yang sangat diinginkan oleh setan.

Baca Juga:  Inilah Khutbah Rasulullah Menjelang Bulan Rajab

Setan bernama Dasim tugasnya membujuk seorang isteri agar tidak taat kepada suami dan mempengaruhi seorang isteri agar pergi meninggalkan rumah dengan berbagai alasan untuk membenarkan perbuatan diatas meskipun sudah jelas bahwa perbuatan tersebut dilarang oleh Quran dan Hadist.

Misi terbesar setan terhadap umat manusia adalah memisahkan pasangan suami istri. Pernikahan merupakan perkara yang besar. Karena dalam sebuah pernikahan yang harmonis akan mampu melahirkan anak-anak yang berpotensi mampu berjuang di jalan Allah. Sedang anak yang hidup di dalam rumah tangga yang hancur, maka akan berpotensi menjadikan anak yang pemarah, pemurung dan jauh dari hal yang difitrahkan Allah.

Meninggalkan suami bukanlah solusi dari masalah dalam rumah tangga. Setan akan selalu berada dalam rumah tangga untuk selalu membujuk agar terjadi pertengkaran hingga berujung perpisahan. Karena itulah perlu disadari pentingnya bagi setiap Muslim untuk memiliki ilmu sebelum berumah tangga.

Solusi bagi istri adalah selalu bersabar dan memohon ampun kepada Allah agar diberikan petunjuk yang terbaik. Bagaimana pun ketika istri keluar dari rumah fitnah akan lebih besar kepada dirinya dan kepada suaminya. Memilih bersabar dan selalu berusaha untuk memenuhi tanggungjawabnya adalah pilihan baik dari pada keluar dari rumah tanpa suami.

Bagikan Artikel ini:

About Indah Fauziah

Avatar of Indah Fauziah

Check Also

hukum tanam benang

Hukum Tanam Benang untuk Kecantikan, Bolehkah?

Dunia kecantikan tak henti-hentinya berinovasi dengan berbagai metode yang membuat para kaum hawa semakin bisa …

KDRT

KDRT Harus Didiamkan karena Aib Pasangan?

Dalam berumah tangga pasti kita tidak akan terlepas dari masalah yang melibatkan konflik antar pasangan. …