gus mus di peresmian masjid joglo ponpes al muayyad windan
gus mus di peresmian masjid joglo ponpes al muayyad windan

KH Mustofa Bisri: Sebaiknya Tak Semua Masjid Dipakai Jumatan

Jakarta – Masjid merupakan satu kebutuhan umat muslim untuk menunaikan ibadah salat secara berjamaah terutama salat Jumat, Tarawih dan lainya, di Indonesia jumlah Masjid sampai jutaan, bahkan ada Provinsi yang mendapatkan julukan pulau seribu masjid yaitu pulau Lombok, NTB.

Banyaknya Masjid patut disyukuri karena mempermudah umat muslim untuk beribadah, namun KH Mustofa Bisri atau yang biasa disapa Gus Mus menyarankan agar tidak semua masjid digunakan untuk beribadah.

Hal tersebut disampaikan Gus Mus dalam peresmian masjid joglo di Ponpes Mahasiswa Al-Muayyad Windan, Kartasura, Sukoharjo, seperti dikutip dari laman detik.com Kamis (17/3/2002). Sebelumnya, saat memberikan tausiah, Gus Mus menyarankan agar Masjid Joglo di Ponpes Al-Muayyad tersebut dimanfaatkan secara maksimal untuk ngaji, iktikaf, salat wajib berjemaah, salat tarawih, tapi sebaiknya tidak dipakai untuk Jumatan.

“Memang sebaiknya tidak semua masjid itu dipakai untuk Jumatan,” kata Gus Mus seperti dilansir detikJateng, Kamis (17/3/2022).

Gus Mus lalu mencontohkan, di masa Nabi, sudah banyak masjid didirikan di Kota Madinah. Tujuannya memberi tempat bagi warga sekitar hunian itu jika akan melaksanakan salat wajib berjemaah. Namun ketika salat Jumat, semua berkumpul di Masjid Nabawi.

“Dulu juga sudah ada masjid di dekat kediaman Sayidina Abu Bakar, dekat kediaman Sayidina Umar dan sebagainya. Namun kalau melaksanakan salat Jumat, semua berkumpul di Masjid Nabawi bersama Kanjeng Nabi,” papar Gus Mus.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Pemuda ASEAN Harus Mainkan Peranan Penting Bangun Karakter Toleran

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

akhlak karimah

Khutbah Jumat – Menyelamatkan Generasi Muda Dari Virus Radikalisme

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …