javed iqbal wali kota muslim pertama di kota 210520142619 375
javed iqbal wali kota muslim pertama di kota 210520142619 375

Kota Preston Inggris Dipimpin Wali Kota Muslim Pertama Kali

PRESTON –  Menjadi Wali Kota disebuah negara dimana Islam menjadi minoritas merupakan sebuah kehormatan yang luar biasa, ditambah sang Wali Kota merupakan pendatang sehingga menjabatnya Javed Iqbal menjadi bertambah istimewa.

Sebelumnya Iqbal menjadi Wali Kota pada masa 2020-2021 lalu kemudian pada tahun 2021 dilantik menjadi Wali Kota Prestone, Lancashire, Inggris. Menjadikannya Wali Kota muslim pertama yang memimpin kota Preston.

Lahir di Pakistan, Iqbal pertama kali pindah ke Inggris pada 1968 di mana dia menyelesaikan sekolahnya di Brockholes School dan Sixth Form College di Moor Park Avenue. Setelah berkarier dengan Royal Mail serta melayani Tentara Teritorial, Iqbal terpilih menjadi Dewan Kota Preston pada tahun 2007 mewakili daerah St Matthew. 

Dia aktif di sejumlah komite yang berbeda dari Dewan pekerja termasuk Komite Perencanaan sejak 2017. “Merupakan hak istimewa dan kehormatan untuk menjadi Walikota Preston sebuah kota yang sangat berarti bagi saya dan tempat keluarga saya dan saya telah tinggal selama bertahun-tahun. Menjadi Walikota Muslim pertama di Preston adalah pengakuan yang tepat atas kota multikultural kami dan bagaimana kota ini terus berkembang dengan orang-orang dari berbagai ras, agama dan latar belakang yang hidup dan bekerja bersama untuk membawa keragaman dan semangat ke tempat kami tinggal,” ujar dia dilansir di asianimage.co.uk, dan ihram.co.id Kamis (20/5). 

Sepanjang hidupnya, Iqbal telah berusaha untuk membuat perbedaan yang positif bagi komunitas dan untuk memberikan suara kepada mereka yang mungkin tidak akan terdengar. Jabatan ini menjadi suatu kehormatan untuk melayani di Dewan Kota Preston dan merupakan kehormatan yang sangat besar untuk sekarang menjadi Walikota Preston.  

Setelah menikahi istrinya Tahira pada 1974, mereka membeli rumah keluarga pertama mereka di Ribbleton Avenue. Tak lama setelah dia memulai kariernya dengan Royal Mail dan bekerja di sana dalam Manajemen Operasional hingga pensiun pada 2007. 

Baca Juga:  Muslim Inggris Dan Jamaah Masjid Yorkshire Siapkan Bantuan untuk Pengungsi Afghanitsan

Selama kariernya, Iqbal juga bertugas di resimen Insinyur Kerajaan dari Tentara Teritorial yang mencakup penempatan di Jerman, Siprus, dan Inggris di mana dia mencapai pangkat Sersan sebelum mundur pada 1992 untuk fokus pada komitmen keluarga. 

Pada 1995 dia bergabung dengan Preston Magistrate’s Bench di mana dia terus duduk sebagai Hakim Ketua di Pengadilan Keluarga Lancashire. Dia juga duduk di Dewan Gubernur di Lancashire Teaching Hospitals NHS Foundation Trust. Kini Iqbal telah memilih Preston Domestic Violence Services and Heartbeat sebagai badan amal Wali Kota. 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …