umat muslim menata daging kurban di atas daun jati 200717131119 379
umat muslim menata daging kurban di atas daun jati 200717131119 379

Kurangi Penggunaan Kantong Plastik Saat Kurban, Warga Sebaiknya Bawa Wadah Sendiri

PONTIANAK – Pembagian daging hewan kurban biasanya menggunakan kantong plastik karena lebih praktis, namun ada dampak yang sangat serius terhadap lingkungan. Kantong plastik membutuhkan waktu ratusan tahun agar bisa terurai.

Demi mengurangi penggunaan kantong plastik,  Wali Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono mengimbau penerima daging kurban Idul Adha 1441 Hijriah membawa wadah sendiri guna mengurangi sampah plastik.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh Panitia Idul Adha 1441 Hijriah untuk tidak menggunakan kantong plastik sebagai wadah untuk membagikan daging kurban kepada masyarakat,” kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, seperti dikutip dari laman republika.co.id, Rabu (28/7).

Masyarakat hendaknya mulai sadar akan dampak yang ditimbulkan jika menggunakan bahan plastik secara berlebihan, oleh karena alternatif lain seperti bahan yang mudah terurai dapat menjadi pilihan.

Edi menjelaskan sebagai alternatif bisa digunakan bahan-bahan yang mudah terurai atau organik seperti daun pisang, anyaman bambu atau wadah lain yang dapat digunakan secara berulang-ulang.

Sebagaimana yang tertuang dalam Surat Edaran Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak Nomor 42/DLH/Tahun 2020, imbauan itu dalam rangka pelaksanaan program pengurangan sampah plastik sebagai sumber penghasil sampah.

Edi mengakui meskipun kantong plastik dinilai lebih praktis namun juga berdampak pada lingkungan. Betapa tidak, plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk bisa terurai.”Kami mengimbau kepada panitia kurban pada Hari Raya Idul Adha 1441 H untuk dapat mendukung program ini dengan tidak menggunakan kantong plastik,” ujar dia. Edi menambahkan, kebijakan ini juga merupakan petunjuk dari pemerintah pusat terkait mengurangi penggunaan kantong plastik.Secara teknis, lanjutnya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak akan melakukan sosialisasi termasuk alternatif pengganti kantong plastik untuk wadah daging kurban. “Intinya penerima daging kurban membawa tempat sendiri,” kata Edi.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Prof Abdul Mu’ti: Masih Ada Masjid Gelar Salat Idul Adha, Itu Masalah Keyakinan

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

20210923170611

Taliban Akan Kembali Berlakukan Hukum Potong Tangan

KABUL – Pasca berhasil menguasai Afganistan, Taliban selalu menjadi perbincangan, berbagai spekulasi dan analisis diutarakan oleh …

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara di depan Majelis Umum PBB

Turki di Garis Terdepan Perang Melawan Islamofobia

New York – Turki siap mengambil peran utama dalam berperang melawan Islamofobia di komunitas internasional. …