Pinjol
Pinjol

Langgar Syariat dan Resahkan Masyarakat, MUI: Hapus Pinjol!

Jakarta – Akhir-akhir ini pinjaman online (pinjol) tengah marak di masyarakat. Namun keberadaan pinjol ini, terutama yang ilegal, sangat membuat resah masyarakat. Tidak hanya resah, banyak masyarakat terjerat bunga ber bunga yang diterapkan pinjol.

Fakta itulah yang membuat Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai  meminta agar pinjol dihapus. Anggota Komisi Fatwa MUI Pusat Fuad Thohari mengatakan syariat yang dilanggar adalah adanya bunga yang disebut riba atau penambahan pembayaran bagi yang berutang dalam Islam sendiri riba dan hukumnya haram.

“Tren pinjaman online ini ternyata tidak ada semangat menolong semangatnya hanya orang yang minjamin ingin mencari untung, enggak ditetapkannya satu tambahan ketika mulangin satu pinjaman Yang disebut bunga atau riba tadi padahal yang disebut bunga itu sudah jelas dilarang dalam Islam dan itu haram,” kata Fuad melalui pernyataan virtual, Jumat (3/9/2021), dikutip dari laman MUI.

Fuad menuturkan alasan lain terkait pinjaman online atau pinjol ini dalam praktiknya melanggar syariat sehingga hukumnya haram.

“Namanya bunga tambahan yang dipersyaratkan ketika berutang itu hukumnya haram atau riba Dan larangan riba itu sangat keras berlaku bagi siapa saja, pinjol juga hauh daei kata taawun atau tolong meolong misal hari ini pinjam sejuta ketika dibalikin besok 1 juta lebih dan besoknya nambah lagi itu kan merugikan,” tambahnya.

Menurutnya pinjol ini sangat memberatkan peminjam dan ini menimbulkan banyaknya ketidakbaikan atau mudarat.

“Sebaiknya, karena banyak mudarat banyak merugikan, mencekik dihapus saja. Seandainya pinjol ini tidak ada penambahan sesuatu yang disebut bunga kemudian semangatnya menolong tentu MUI akan memberikan apresiasi,” tandasnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Pertama Kali Dalam Sejarah, Raja Arab Saudi Terima Kunjungan Rabi Yahudi dari Israel

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Twit Abdulla Alamudi

Komentari Pelecehan Agama oleh Holywings, Kolumnis Media Qatar: Itu Bentuk Provokasi

Jakarta –  Pelecegahan agama yang dilakukan klub malam Holywings tidak hanya menyulut gejolak umat Islam …

Pernikahan beda agama

Nikah Beda Agama Disahkan PN Surabaya Preseden Buruk dan Resahkan Umat Islam

Jakarta – Beberapa waktu lalu Pengadilan Negeri (PN) Surabaya mensahkan pernikahan beda agama yang diajukan …