KH Said Aqil Siroj
KH Said Aqil Siroj

LPJ Diterima, Kiai Said: Alhamdulillah

Bandar Lampung – Peserta Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) menerima Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) periode 2015-2020. LPJ itu dibacakan sendiri oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj sidang pleno II yang digelar di UIN Raden Intan Lampung, Kota Bandar Lampung, Kamis (23/12).

“Alhamdulillah LPJ diterima dengan baik, LPJ diterima dengan 100 persen,” ujar Kiai Said seusai pleno.

Meski diterima, ada juga peserta muktamar yang menerimanya dengan beberapa catatan. Kiai Said berharap, ke depannya NU menjadi lebih baik. Karena itu, muktamar kali ini harus menghasilkan keputusan yang bermanfaat untuk umat dan bangsa ini.

“Harus lebih baik lagi, muktamar harus menghasilkan keputusan yang lebih bermanfaat untuk bangsa dan negara,” ujar Kiai Said.

Sidang pleno laporan pertanggungjawaban kepengurusan PBNU ini juga dihadiri jajaran pengurus harian PBNU, termasuk Katib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf yang akan menjadi pesaing Kiai Said untuk menjadi ketua umum PBNU periode selanjutnya.

Setelah sidang pleno II, peserta muktamar akan mengikuti sidang-sidang komisi yang terbagi dalam enam komisi, yakni Komisi Qanuniyah yang membahas persoalan perundang-undangan, Komisi Maudhu’iyah yang fokus pada isu-isu tematik, Komisi Waqi’iyah yang fokus pada status hukum fikih kasus-kasus aktual, Komisi Organisasi, Komisi Program, dan Komisi Rekomendasi.

Mayoritas agenda muktamar pada umumnya dapat diakses secara publik. Namun, untuk sidang sidang tata tertib, laporan pertanggungjawaban, dan sidang pemilihan pucuk pemimpin NU rencananya akan digelar secara tertutup karena internal organisasi.

Menurut jadwal, sidang pleno hasil komisi dan penetapan rais aam dan pemilihan ketua umum PBNU akan berlangsung pada Kamis (23/12) malam ini. Jumat esoknya, acara diteruskan dengan penutupan sederhana dan proses pulang peserta ke daerah masing-masing.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Wapres HUT ke 45 MUI

Fatwa MUI: Terorisme Bukan Jihad, Terorisme Haram!

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menegaskan bahwa aksi terorisme bukan jihad, terorisme …

Cak Islah Bahrawi

Tolak UU Buatan Manusia, Islah Bahrawi: Teroris Hanya Mau Jalankan Hukum Syariah

Jakarta –  Kelompok teroris menganggap Undang-undang harus menggunakan hukum syariah yang dalam pemahamannya sebagai buatan …