Agresi Israel ke Palestina
Agresi Israel ke Palestina

LSM Malaysia Desak Negara-Negara Muslim ASEAN Tak Kompromi Dengan Zionis Israel

Jakarta – Negara-negara Muslim ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam didesak untuk tidak kompromi dengan penjajahan yang dilakukan negara zionis Israel. Desakan itu digaungkan oleh gabungan lembaga swadaya masyarakat (LSM) Malaysia.

Seruan itu dilakukan oleh Dewan Permusyawaratan Organisasi Islam Malaysia (MAPIM), Masjid Dunia untuk Pembela Al-Aqsha (MANAR), Sekretariat Asosiasi Cendekiawan Regional Asia (SHURA), dan Sekretariat Palestina Malaysia dalam pertemuan bersama.

“Kami bersikeras pemerintah tiga negara Islam di kawasan itu tidak boleh berkompromi dengan cara apa pun dengan rezim Zionis Israel,” kata bunyi pernyataan bersama LSM Malaysia dilansir di Anadolu Agency dan dikutip dari laman Republika.co.id, Rabu (23/6/2021).

Mereka mengungkapkan, bahwa Israel tengah menyusun strategi untuk merangkul Indonesia, Malaysia, dan Brunei agar mendukung agresinya.

“Pernyataan Israel bahwa mereka ingin menjalin hubungan dengan Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam adalah tanda negara ilegal itu sedang menyusun agenda fokus khusus untuk tiga negara Islam di ASEAN,” katanya.

Mereka menekankan posisi tidak ada afiliasi formal atau informal dari tiga negara dengan Israel harus dipertahankan. Termasuk, mempertahankan menolak semua negosiasi yang bisa dilakukan dengan Israel.

“Israel perlu dibubarkan, tanah Palestina perlu dibebaskan. Ini satu-satunya solusi,” kata mereka.

Pernyataan itu tidak menutup kemungkinan kedutaan besar di negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) lainnya seperti Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Filipina dapat digunakan Zionis Israel untuk melakukan operasi spionase di wilayah tersebut. Tetapi orang-orang akan selalu waspada untuk memperingatkan pemerintah terhadap kompromi semacam itu.

“Upaya Israel menjalin hubungan dengan pemerintah negara-negara Islam akan selalu dipantau. Kami sangat menolak setiap upaya normalisasi dengan rezim zionis,” katanya.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Jerusalem Post, Duta Besar Israel untuk Singapura Sagi Karni mengungkapkan Israel siap menjalin hubungan dengan tiga negara Muslim di Asia Tenggara, meskipun negara-negara tersebut mengutuk serangan ofensif Zionis Israel di Jalur Gaza bulan lalu yang menewaskan lebih dari 250 warga Palestina.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  MUI Dukung Ketegasan Kemendagri Bahwa tidak ada Jenis Kelamin Transgender

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Imam Besar Al Azhar dan Paus Franciskus

UIN Suka Akan Berikan Gelar HC Kepada Imam Besar Al Azhar dan Paus Franciskus

Jakarta –  Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta akan memberikan gelar Honoris Causa …

ibadah umrah di masa pandemi

Persiapkan Haji dan Umrah Sejak Dini, Kemenag Susun Skema Vaksin & Booster Untuk Calon Jemaah Umrah

Jakarta – Pelaksanaan ibadah haji telah dua kali ditunda akibat adanya pandemi Covid- 19. Terakhir …