sifat dengki
sifat dengki

Macam-macam Dengki dan Dampak Buruknya

Manusia merupakan makhluk yang diciptakan Allah dengan banyak keunikan dan keistimewaan. Ia berbeda dengan makhluk lain karena dianugerahi jiwa yang berisi dengan ruh, akal, hati dan sahwat. Tergolong sebagai makhluk spiritual, karena setiap unsur yang dimiliki manusia memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Ruh memiliki sifat yang suci dan cenderung lebih dekat dengan Allah. Akal berfungsi untuk berfikir. Hati untuk meyakini sesuatu hal, salah satunya beriman kepada Allah dan hal-hal yang berhubungan dengan rasa. Dan nafsu merupakan energi jiwa yang memiliki potensi keburukan karena berhubungan dengan kesenangan dan kemarahan.

Manusia sebagai makhluk spiritual seharusnya mampu membersihkan hati dengan melakukan kebaikan dan melawan nafsu yang relatif menyukai hal yang berbau dosa dan kemaksiatan. Salah satu sifat yang berhubungan dengan nafsu ialah hasad atau dengki. Sifat ini merupakan salah satu penyakit hati yang dimiliki manusia. Alasannya karena seseorang yang memiliki kedengkian pastilah tidak akan tidak menyukai melihat orang lain lebih bahagia atau lebih senang dari kita.

Dengki merupakan sifat yang dirasakan sepihak atau sebenarnya tidak memiliki lawan, maksudnya sasaran kedengkian biasanya malah tidak tahu bahwa dirinya menjadi objek kedengkian seseorang. Banyak kita lihat, banyak pertikaian bahkan peperangan secara fisik hanya karena munculnya sikap dengki dari seseorang.

Dalam al-Quran juga terdapat ayat yang menyebutkan sifat dengki. Allah berfirman, “ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) karena karunia yang telah diberikan Allah kepadanya?” (QS: an-Nisa: 54). Kedengkian kaum Yahudi kepada Nabi Muhammad dan pengikutnya merupakan suatu kekeliruan seharusnya mereka sadar bahwa apa yang telah dicapai Nabi Muhammad bukanlah hal baru. Karena Allah sebelumnya juga telah memberikan kitab untuk Nabi Ibrahim dan keturunannya seperti halnya kepada nabi Yusuf, Nabi Daud dan Nabi Sulaiman.

Baca Juga:  Panduan Orang Tua Muslim (2): Membiasakan Anak dengan Akhlak Terpuji

Macam-macam Dengki

Pada dasarnya, sifat dengki bukan hanya perasaan tidak senang melihat orang lain memperoleh nikmat dari Allah, namun mereka yang memiliki kedengkian menginginkan nikmat itu lenyap dari pemiliknya. Sebenarnya ada tiga tahapan sifat dengki yang dimiliki manusia menurut Imam Al-Ghazali, yaitu:

  1. Menginginkan agar kenikmatan orang lain itu hilang dan ia dapat menggantikannya. Hasad berawal dari sikap tidak menerima nikmat yang diberikan Allah kepadanya, karena ia melihat orang lain diberi nikmat yang dianggap lebih besar. Hasad pun bisa timbul bila seseorang menganggap dirinya lebih berhak mendapatkan nikmat dibanding orang lain.
  2. Menginginkan kenikmatan orang lain itu hilang, walaupun ia tak dapat menggantikan nikmat tersebut dengan merasakan mustahil untuk mendapatkannya. Asalkan dia gembira melihat kejatuhan orang tersebut. Ini adalah lebih jahat dari kedengkian yang pertama.
  3. Tidak ingin kalau kenikmatan orang lain itu hilang, tetapi ia benci kalau orang itu akan melebihi kenikmatan yang dimilikinya sendiri. Inipun terlarang, sebab jelas tidak ridha dengan apa-apa yang telah dibagikan oleh Allah.

Dampak Buruk Dengki

Dengki merupakan sifat yang tak terlihat, namun, keberadaannya justru memiliki pengaruh dan dampak yang luar biasa. Bahaya terbesar dari sifat dengki ini mampu memecah belah suatu kaum. bahkan tidak hanya merugikan orang lain, namun sifat dengki juga berpengaruh buruk untuk psikologi sang pemiliknya, yakni:

  1. Menjadikan manusia menjadi kufur nikmat yang di berikan Allah kepadanya.
  2. Menyiksa diri sendiri karena hatinya tak tenang yang disebabkan munculnya rasa tidak nyaman atas kebahagiaan orang lain.
  3. Seseorang yang memiliki sifat dengki, biasanya mereka tidak segan untuk menjelekkan atau memfitnah orang yang menjadi korban kedengkiannya, yang secara otomatis dapat menimbulkan kehancuran atas dirinya dan hubungan antar manusia.
  4. Munculnya kebencian dan permusuhan yang dapat menimbulkan kerusakan dalam jangka waktu yang tak terbatas. Perlu diingat bahwa sifat dengki bukan hanya buruk, tetapi juga akan menghilangkan pahala-pahala kebaikan yang telah ia kerjakan. Rasulullah memberikan peringatan keras kepada umatnya untuk sifat dengki ini, Rasulullah bersabda: “Jauhilah sifat dengki karena sesungguhnya dengki itu memakan (pahala) kebaikan, seperti api memakan kayu bakar” (Riwayat Abu Dawud dari Abu Hurairah).
Baca Juga:  Mendidik Anak dengan Karakter dan Kepribadian Rasul

 

Bagikan Artikel ini:

About Imam Santoso

Avatar of Imam Santoso

Check Also

UAS ditolak Singapura

UAS Ditolak Singapura karena Dianggap Penceramah Ekstremis, Mengganggu terhadap Kerjasama Negara?

Rama-ramai para tokoh memprotes kebijakan Imigrasi Singapura yang menolak penceramah kondang Ustad Abdus Somad (UAS) …

pandangan al-quran LGBT

LGBT Bertentangan dengan Sunnatullah, Ini Dalilnya

Agama Islam memiliki segala aturan yang dimaksudkan untuk mengatur kehidupan umat manusia agar berjalan selaras …