Syekh Abdul Aziz As Syahawi
Syekh Abdul Aziz As Syahawi

Mahaguru Mazhab Syafi’i dari Al-Azhar Terkesan dengan Muslim Indonesia yang Muliakan Ulama

Jakarta – Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah dan saling hormat menghormati antar sesama. Pun umat Muslim Indonesia selama ini sangat memuliakan para ulama.

Hal itulah yang membuat Mahaguru Ulama Mazhab Syafi’i dari Al-Azhar Mesir, Syekh Abdul Aziz As-Syahawi tekesan setelah selama dua pekan berada di Indonesia.

“Di sini saya menghabiskan hari-hari yang indah di Indonesia di antara keluarga dan saudara kita,” ujar Syekh Abdul Aziz As-Syahawi dalam sebuah video yang diunggah twitter Sanad Media, Kamis (4/8/2022), dikutip dari NU Online.

Syekh Abdul Aziz juga mengungkapkan kesan karakter Muslim Indonesia yang kerap memuliakan ulama. Alhasil ia terharu sehingga mendoakan kebaikan untuk bangsa Indonesia.

“Mereka memuliakan saya. Semoga Allah membalas kebaikan untuk mereka,” ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa alam Indonesia sangat indah. Banyak terdapat hutan di atas gunung. Sebelumnya, dalam lawatan dia ke PBNU, Syekh Abdul Aziz menyampaikan ijazah ‘ammah kitab Majmu’ut Ta’lifat wal ‘Athaya wal Hibat fi Rasaili wa Maqalatil ‘Allamah ‘Abdul ‘Aziz asy-Syahawi kepada segenap pengurus PBNU bersama Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan warga NU pada 27 Juli 2022 lalu.

“Saya ijazahkan kepada saudara semua, segala yang kami talaqqi (pelajari secara langsung), kami riwayatkan, dan kami baca, dari guru-guru kami dengan ijazah yang mu’tabarah,” kata Syekh Abdul Aziz.

Syekh Abdul Aziz As-Syahawi Syekh Abdul Aziz As-Syahawi merupakan salah satu guru besar yang masih aktif mengajar di Universitas Al-Azhar yang terus berkontribusi pada keilmuan Islam baik di dalam maupun luar Mesir.

Dalam pembacaan biografinya dikatakan Syekh Abdul Aziz as-Syahawi lahir di Desa Nimrat el-Bashal, Provinsi Gharbiyah, Mesir pada 22 Jumadil Ula 1364 Hijriah yang bertepatan dengan tanggal 5 Mei 1945 Masehi. Jalur silsilah beliau bersambung sampai ke Nabi Muhammad saw.

Baca Juga:  Tasawuf Relevan Dengan Kehidupan Bermasyarakat dan Beragama di Indonesia

Jalur sanad keilmuan Syekh Abdul Aziz as-Syahawi dari Syeikh Abdul Hamid As-Shahawi, dari Syekh Abdul Majid As-Shahawi, dari Syaeih Umar bin Jaafar As-Syabrawi, dari Syaikhul Akbar Ibrahim al-Bajuri, dari Syaikhul Akbar Abdullah As-Syarqawi sampai al-Imam A’dzom Muhammad bin Idris As-Syafi’i.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Kepala BNPT di UIN Serang

Perguruan Tinggi Islam Berperan Penting Sebarkan Moderasi Beragama Kepada Mahasiswa

Serang – Perguruan Tinggi Islam berperan penting dalam menyebarkan moderasi beragama kepada para mahasiswa. Hal …

menko polhukam mahfud md memberikan keterangan kepada wartawan terkait

Buka Kongres IPNU dan IPPNU, Menko Mahfud MD: Minta Jaga Wasthiyah Islam

JAKARTA – Islam wasathiyah (moderat) menjadi salah satu jalan untuk menjaga kebersamaan setiap elemen bangsa, …