sekretaris umum fpi munarman
sekretaris umum fpi munarman

Mantan Sekretaris FPI Munarman Bacakan Pleidoi Kasus Terorisme Hari Ini

Jakarta – Munarman kembali akan menjalani sidang lanjutan dengan agenda pembacaan pledoi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) hari ini Senin (21/3). Mantan Sekretaris Organisasi Pront Pembela Islam (FPI) yang telah dibubarkan oleh pemerintah tersebut diduga melakukan tindak pidana terorisme.

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Alex Adam Faisal mengatakan sidang akan digelar sekitar pukul 09.00 WIB. Agenda sidang merupakan pembacaan pleidoi atau nota pembelaan terhadap tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Dengan agenda pembelaan/pleidoi dari terdakwa/PH nya,” kata Alex, seperti dikutip dari laman cnnindonesia.com Senin (21/3).

Sepekan setelah sidang tuntutan, hari ini pengadilan menggelar sidang lanjutan dengan agenda pembacaan nota pembelaan atau pleidoi dari Munarman. Setelah itu dilanjutkan ke agenda replik dan duplik. Munarman sudah menghadapi rangkaian sidang di kasus tindak pidana terorisme sejak 8 Desember 2021.

Sebelumnya, Jaksa menuntut Majelis Hakim PN Jaktim agar hakim menjatuhkan hukuman pidana penjara 8 tahun terhadap Munarman. Munarman dinilai telah terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan pemufakatan jahat mengenai terorisme.

“Menuntut supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Jaktim yang mengadili dan memeriksa perkara ini memutuskan menjatuhkan pidana terhadap Munarman pidana penjara selama 8 tahun,” kata jaksa membacakan tuntutannya di ruang sidang utama PN Jaktim, Senin (14/3).

Munarman didakwa telah menggerakkan orang untuk melakukan tindakan teror dan membantu tindakan terorisme. Ia disebut menghadiri acara baiat kepada ISIS dan Abu Bakar Al Baghdadi di UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Selain itu, Munarman juga menghadiri acara baiat yang sama yang dikemas dalam agenda Tabligh Akbar FPI di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Munarman juga disebut mengajak peserta forum di UIN Sumatera Utara untuk mendukung ISIS.

Baca Juga:  Pembaruan Islam Sangat Penting Jawab Problem Anti-Kebhinnekaan

Munarman didakwa dengan Pasal 14 atau Pasal 15 Juncto Pasal 7 dan atau Pasal 13 huruf c Undang-undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang perubahan atas Undang-undang 15 Tahun 2003 tentang penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

raker penyelenggaraan ibadah haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas Minta Santri Semangat Menuntut Ilmu Dan Lawan Kebencian Terhadap Santri Dengan Prestasi

Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada para santri untuk terus menuntut ilmu secara sungguh-sungguh, …

Sarasehan Penguatan Moderasi Beragama BNPT dan UMY

Cegah Virus Radikal Terorisme di Sekolah, BNPT Perkuat Moderasi Beragama Guru SMA/SMK se-DIY

Yogyakarta – Generasi Z dan generasi milenial antara usia 14-39 tahun menjadi generasi yang paling …