yasin
yasin

Mengapa Yasin Sangat Populer di Masyarakat? [2] : Surat Penolong, Penolak dan Pemenuhan Segala Hajat

Pembahasan pertama menegaskan betapa Yasin sangat menakjubkan karena merupakan hati Alquran, bacaan para ahli surga, dan surat yang dapat menjadi sebab Allah memberikan ampun kepada hamba-Nya. Sehingga menjadikan Yasin begitu populer di masyarakat. Kepopuleran Surat Yasin tidak berhenti di situ saja. Artinya, masih ada sebab lain.

Memang harus diakui bahwa, belakangan ini muncul narasi yang santer tentang membaca Surat Yasin di malam tertentu dan dalam momen tertentu bertentangan dengan ajaran Islam atau tidak pernah dipraktekkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Puncaknya, tak jarang kelompok ini menghukumi haram terhadap ritual-ritual keagamaan yang di dalamnya terdapat amalan membaca Yasin, seperti membaca Yasin 3 kali di malam Nisfu Sya’ban (lihat artikel M. Jamil Chansas dalam kanal Afkar Islam Kaffah edisi 28/3). Kelompok ini jumlahnya tidak seberapa, tetapi suaranya cukup ‘bising’, terutama di media sosial.

Di dalam masyarakat, sangat populer akan keistimewaan Surat Yasin, seperi sebagai penolong, penolak, dan bahkan pemenuhan segala hajat manusia. Ternyata, keyakinan masyarakat tersebut tidak asal, melainkan ada dalilnya.

Pertama, sebagai penolong (syafaat).

Syafaat atau pertolongan merupakan hal yang sangat berharga di akhirat kelak. Sebab, ketika manusia berkumpul di Yaumul Mahsyar, seluruh manusia akan dimintai pertanggung jawabannya semasa hidup di dunia. Jelas, manusia yang amal baiknya lebih besar ketimbang amal buruknya, maka mereka akan masuk surga-Nya. Pun sebaliknya.

Pada saat itu, tak ada satu pun manusia, bahkan benda sekali pun yang dapat menolong, kecuali para penolon yang mendapat izin Allah (QS. al-Baqarah: 255). Nabi Muhammad diizinkan oleh Allah dapat memberi pertolongan kepada manusia (umatnya). Begitu pun amal shalih, dzikir, istighfar, dan Alquran, juga dapat memberikan pertolongan.

Baca Juga:  Terima Kasih Ramadan (1) : Merawat “Pelajaran Lapar” Pasca Ramadan

Alquran, atas izin Allah, dapat memberi syafaat kepada pembacanya di akhirat kelak. Hal ini sebagaimana penjelasan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Aisyah ra., bahwasannya Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya di dalam Alquran ada satu surat yang dapat memberi syafaat bagi yang membacanya dan mendatangkan ampunan bagi yang mendengarkannya. Ketahuilah, ia adalah surat Yasin…” (HR. Imam Tirmidzi).

Kedua, surat yang memenuhi segala hajat hidup.

Para ulama dengan lugas dan penuh dengan kesungguhan telah mengupas seluk-beluk Yasin, mulai dari keistimewaannya hingga bagaimana mengamalkan surat ini dalam kehidupan sehari-hari, termasuk sebagai usaha agar Allah memudahkan segala urusan dan memenuhi segala hajat hidup.

Dalam kitab Kasyful Khufa’i (2/390) misalnya, terdapat keterangan bahwa barang siapa yang membaca surat Yasin dengan penuh keikhlasan dan kehusyukan, kemudian yakin dan memohon kepada Allah agar dikabulkan segala hajatnya, insya allah, doanya akan terkabulkan.

Yang demikian ini diperkuat oleh informasi dalam sebuah hadis. Dari Atha bin Abi Ribah, disampaikan kepadaku bahwa Rasulullah bersabda: “Siapa yang membaca Yasin di tengah hari, maka dikabulkanlah hajatnya (kebutuhannya).” (HR. Ad-Darimi dengan sanad mursal).

Dalam hadis lain yang diriwayatkan dari Abi Kilabah bahwa:

“Siapa yang membaca Yasin, diampunilah dosanya. Lalu siapa yang membacanya sedang ia dalam keadaan sulit mencari jalan keluar, maka diberilah ia petunjuk. Siapa yang membacanya ketika kehilangan sesuatu, maka ia akan menemukan apa yang hilang darinya. … (HR. Baihaqi).

Ketiga, menyembuhkan penyakit lahir dan batin.

Yasin termasuk bagian dari Alquran. Dalam surat dan ayat lain, Allah menegaskan bahwa Alquran diturukan kepada orang beriman untuk menjadi penawar  (penyakit) dan rahmat (QS. al-Isra’: 82). Terkait ayat ini, imam al-Qurtubi menjelaskan sebagai berikut;

Baca Juga:  12 Amalan yang di Anjurkan di Hari Asyura

Pertama, yang dimaksud penawar di situ adalah bagi penyakit jiwa, yakni dapat menyembuhkan kebodohan, keraguan dan menyembuhkan jiwa yang sakit. Kedua, sebagai terapi yang dapat menyembuhkan penyakit fisik.

Dengan niat ikhlas dan diiringi dengan penuh keyakinan serta semata-mata hanya mencari ridha Allah, maka keutamaan-keutamaan Surat Yasin sebagaimana disebutkan di atas akan benar-benar terwujud.

Bagikan Artikel ini:

About Fauziyatus Syarifah

Avatar of Fauziyatus Syarifah
Mahasiswi magister program PAI UIN Walisongo Semarang

Check Also

kh ahmad dahlan

3 Kiat Menuju Masyarakat Tangguh dan Beradab Ala KH Ahmad Dahlan

Nama KH. Ahmad Dahlan sangat moncer dikalangan bangsa Indonesia karena ia termasuk orang yang memiliki …

jihad kemerdekaan

Agustus Bulan Perjuangan : Inilah 3 Bentuk Jihad Bela Negara yang Dianjurkan Agama!

Bagi rakyat Indonesia, Agustus adalah bulan perjuangan. Pernyataan ini tentu saja tidak berlebihan mengingat pada …