surat yasin
surat yasin

Tafsir Yasin Ayat 1-3 (1): Anjuran Membaca Surat Yasin Di Masa Pandemi

“Ya-Siin. Demi al Qur’an yang penuh hikmah, sesungguhnya engkau pastilah salah satu dari rasul-rasul”.

Sebab nuzulnya ayat ini adalah sebagai respon terhadap kaum kafir Makkah atas ketidakpercayaan mereka bahwa Nabi Muhammad utusan. Mereka mengejek dan meremehkan Rasulullah. Mereka berkata, “Muhammad bukan nabi bukan pula rasul, ia hanya anak yatim yang dirawat oleh Abu Thalib, tidak sekolah dan tidak berpendidikan, bagaimana mungkin ia seorang nabi?”.

Wacana seperti ini telah umum dan akut dikalangan masyarakat Makkah. Tapi Allah kemudian membela Nabi Muhammad secara langsung dengan menurunkan ayat ini, Allah menyatakan dengan tegas dan bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah nabi dan rasul-Nya.

Dalam kitab Tafsir Surat Yasin karya Hamami Zada diterangkan, pada situasi seperti itu, Allah berfirman kepada Nabi, “Wahai Muhammad, jika orang-orang kafir tidak percaya bahwa engkau adalah rasul, kamu tak perlu bermuram durja, Aku bersaksi sesungguhnya engkau salah satu dari rasul-rasul”.

Oleh karena turunnya ayat ini sebagai persaksian Allah terhadap kenabian dan kerasulan Rasulullah, maka ayat ini kemudia disebut sebagai jantungnya al Qur’an.

Hal ini seperti disabdakan oleh Nabi, “Semua ciptaan Allah punya jantung, dan jantung al Qur’an adalah Surat Yasin, siapa yang membacanya akan dicatat oleh Allah seperti telah mengkhatamkan al Qur’an sepuluh kali”.

Pada hadis yang lain beliau juga bersabda, “Sesungguhnya Allah membaca Surat Yasin dan Surat Taha dua ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi, maka ketika para malaikat mendengarnya, mereka berkata, “Sungguh beruntung umat Nabi Muhammad yang diturunkan kepada mereka dua surat ini, sesungguhnya penduduk surga tidak membaca apapun kecuali Surat Yasin, Surat Taha dan Surat al Rahman”.

Baca Juga:  Tafsir Surah Al-Baqarah Ayat 30: Esensi Khilafah

Nabi juga bersabda, “Setiap muslim, laki-laki maupun perempuan, yang ketika sakaratul maut dibcakan Surat Yasin, maka dari setiap huruf turun sepuluh malaikat dan berdiri dihadapannya membentuk beberapa barisan, mereka memohonkan Rahmat dan ampunan, menyaksikan saat dimandikan dan ikut mengantarkan janazahnya”.

Oleh karena itu kata Nabi, “Perbanyaklah oleh kalian membaca Surat Yasin karena ia memiliki banyak keutamaan”.

Dari saking banyaknya keutamaan yang dimiliki oleh Surat Yasin, dalam salah satu kitab yang mensyarahi hadis ini disebutkan, apabila seseorang yang sedang lapar membaca surat Yasin dengan khusyuk, Allah akan mengenyangkannya sebab keutamaan surat Yasin, jika surat ini dibaca oleh orang yang sedang kesusahan Allah akan menghilangkan rasa takut dan susahnya, jika dibaca oleh orang yang memiliki hutang Allah akan melunasi hutang-hutangnya, jika seseorang membacanya karena hajat tertentu Allah akan mengabulkan hajatnya, jika dibaca pada waktu subuh ia berada dalam lindungan Allah sampai sore.

Dan, apabila surat Yasin dibaca disuatu negeri, Allah akan mengangkat bala’, penyakit tha’un, wabah atau penyakit dari tempat tersebut sebab kemuliaan surat Yasin. Apabila seseorang membacanya diwaktu siang, Allah akan melindunginya  sampai subuh. Jika surat Yasin dibacakan untuk orang yang telah meninggal, Allah akan meringankan siksanya jika ia termasuk orang yang disiksa, jika sebaliknya, bacaan tersebut akan menambah kebahagiaannya di alam kubur.

Untuk kalimat Ya-Siin yang hanya terdiri dari dua huruf ada beberapa penafsiran. Diantaranya, ada ulama yang menafsirkan dengan Ya Insan, wahai manusia, dan yang ditunjuk adalah Nabi Muhammad.  Ada pula yang menafsirkannya dengan Ya Sayyidal Mursalin, dan ada yang berpendapat bahwa Ya-Siin adalah salah satu nama Allah.

Bagikan Artikel ini:

About Khotibul Umam

Avatar of Khotibul Umam
Alumni Pondok Pesantren Sidogiri

Check Also

Toa masjid

Apakah Perintah Mengeraskan Suara Adzan Harus Memakai TOA?

Sejak pertama kali ditemukannya teknologi mutakhir dengan Branding TOA, hingga saat ini ia menjadi branding …

bertemu rasulullah

Nabi Muhammad : Sosok yang Bersahaja, Namun Luar Biasa, Refleksi Bulan Maulid

Peringatan Maulid Nabi selalu menjadi momentum mengingatkan umat Islam akan hari kelahiran sosok Sayyidul Wujud, …