beda nuzulul quran dan lailatul qadar
Lailatul Qadar 1

Misteri Lailatul Qadar : Rahasia, Makna dan Cara Meraihnya

Keistimewaan bulan suci Ramadan tidak hanya terlihat dari panorama banyaknya ritual dan aktivitas relijius lainnya dalam menyambut hari berkah ini. Salah satu keistimewaan luar biasa lainnya di bulan ini dan selalu dinantikan adalah lailatul qadar. Inilah satu malam yang digadang-gadang memiiki pahala sama dengan seribu bulan.

Allah berfirman dalam surat al-Qadr ayat 1-3: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

Malam lailatul qadar merupakan malam agung yang disiapkan Allah untuk hambanya yang beriman. Karena kemuliannya ulama berbeda pendapat tentang kapan datangnya malam itu. Lazim dipahami bersama bahwa malam lailatul qadar merupakan malam yang ada pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan ramadhan. Pada malam di sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan inilah kitab suci al-Quran diturunkan Allah sebagai bekal petunjuk kepada umatnya.

Kita tahu bahwa Allah memang telah mempersiapkan bulan Ramadan sebagai fasilitas penghapusan dosa bagi semua umatnya. Namun, semua tergantung kita sebagai umat, mau menggunakan fasilitas tersebut atau tidak.

Meski banyak umat yang menanti datangnya malam lailatul qadar, namun tak ada satupun umat Islam yang mengetahui pasti kapan datangnya malam penuh keberkahan tersebut. kedatangan malam lailatul qadar memang tidak dikabarkan secara gamblang kepada umat Islam.

Tentu alasannya mungkin agar umat Islam selalu mempersiapkan tiada henti untuk meraih malam tersebut dan tidak hanya mempersiapkan diri hanya di malam kehadiran malam spesial tersebut. Karena besarnya pahala dan fitrah dari Allah, kedatangan malam lailatul qadar menjadi rahasia Allah yang perlu kita usahakan lebih keras agar kita mendapatkan syafaatnya.

Baca Juga:  Virus Namimah Merusak Ukhuwah di Tengah Wabah

Sebagai malam yang paling mulia di antara malam-malam lainnya, lailatul qadar memiliki makna yang dalam. Menurut prof. Quraisy Shihab dalam bukunya yang berjudul membumikan al-Quran memberikan penjelasan tentang makna dari lailatul qadar itu sendiri.

Terdapat dua artian dalam kata qadar. Pertama memiliki arti penetapan atau pengaturan. Maksudnya adalah lailatul qadar bermakna sebagai petunjuk hidup yang benar bagi umat Islam.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

Artinya: “sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (ad-Dukhan : 3)

Ayat di atas menjelaskan bahwa adapun malam yang diberkahi adalah malam Lailatul Qadar, karena pada malam itu Allah melimpahkan berkah dan kebaikan lebih banyak dibandingkan seribu bulan. Allah telah menurunkan kitab suci al-Quran untuk menjadikan pedoman hidup umat yang kala itu telah diliputi kebodohan dan kesengsaraan di hati mereka, sehingga mereka mendapat kebaikan di dunia dan akhirat.

Kedua, qadar adalah malam yang sempit, di mana Allah memerintahkan banyak malaikat turun ke bumi untuk mengatur banyak urusan yang ada di bumi. Allah menuangkan firman-Nya dalam Surah al-Qadar ayat 4 dan ar-Radu ayat 26 tentang makna sempit dunia yang dihujani berbagai rahmat Allah.

Allah berfirman, “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan” (al Qadar ayat 4). Dan “Allah melapangkan rezeki bagi yang dikehendaki dan mempersempitnya bagi yang dikehendakinya” (ar-Ra’du ayat 26).

Menjelang datangnya malam lailatul qadar, Rasulullah melaksanakan i’tikaf di masjid dengan memperbanyak amalan sunnah seperti mengaji, bershalawat ataupun mendirikan shalat sunnah sebanyak-banyaknya. Di saat inilah kita bisa memulai meminta perlindungan dan pengampunan Allah atas banyaknya dosa yang telah kita perbuat di dunia.

Baca Juga:  Takdir, Rizki dan Ajal Ditentukan pada Malam Lailatul Qadar untuk Setahun ke Depan

Semoga kita masuk orang beruntung yang diberkahi dengan bertemu malam spesial tersebut. Amin

Bagikan Artikel ini:

About Ernawati

Avatar of Ernawati

Check Also

sunan kalijaga

Sunan Kalijaga dan Tradisi Unik di Hari Raya Idul Adha

Terdapat tradisi yang cukup unik yang datang dari keluarga besar Sunan Kalijaga di setiap 10 …

hidayah adalah misteri ilahi

Hidayah adalah Misteri Ilahi, Manusia Hanya Berdakwah

Hidayah merupakan pangkal dari segala kebaikan. Biasanya identik dengan dimulainya kebaikan dalam diri seseorang. Terkadang …