Firli Bahuri
Firli Bahuri

Momentum Tahun Baru 1 Muharram, Ketua KPK: Korupsi Adalah Pengkhiatan Terhadap Nilai-Nilai Agama

Jakarta – Umat Islam baru saya merayakan Tahun Baru 1 Muharram 1443 Hijriah yang jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021 kemarin. Dalam suasana tahun baru ini, Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan pesan kepada masyarakat agar menjauhi perilaku korupsi.

“Dalam konteks ini, kita semua tentunya memiliki pandangan yang sama bahwasanya korupsi dan perilaku koruptif adalah kemungkaran, perbuatan jahat, buruk dan tercela yang dilarang bukan hanya dalam Islam melainkan oleh seluruh agama di muka bumi ini. Korupsi serta perilaku koruptif, jelas bertentangan dengan nilai-nilai kehidupan yang diajarkan oleh agama. Korupsi dan perilaku koruptif sejatinya adalah pengkhianatan terhadap nilai-nilai agama, ketuhanan dan kemanusiaan,” ujar Firli kepada wartawan, Selasa (10/8/2021).

Firli mengungkapkan perilaku korupsi itu membawa dampak buruk ke negara, yaitu membuat pelayanan publik dan kualitas sumber daya manusia memburuk. Intinya, korupsi adalah sifat yang merusak hidup.

“Hal lain yang perlu kita pahami bahwa korupsi bukan sekadar merugikan keuangan dan ekonomi semata, korupsi dan perilaku koruptif adalah kejahatan terhadap kemanusiaan (corruption is a crime against humanity) yang sifatnya sangat merusak, menggerogoti hingga meluluhlantakkan setiap tatanan kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara,” jelasnya.

Di Tahun Baru Islam ini, Firli mengajak masyarakat meneladani kisah hijrah Rasulullah SAW. Firli juga meminta masyarakat mengikuti 3 strategi utama pemberantasan korupsi di KPK.

“Dengan meneladani kisah hijrah Rasulullah SAW khususnya dalam menegakkan amar makruf nahi mungkar, mengajak dan menjalankan kebajikan serta menjauhi setiap larang-Nya ditambah 3 Strategi Utama Pemberantasan Korupsi KPK yaitu pendekatan pendidikan, pencegahan dan penindakan, insyaallah menjadi bekal terbaik bagi bangsa ini untuk hijrah, lepas dan terbebas dari laten korupsi dan perilaku koruptif yang telah lama menggurita di bumi pertiwi,” katanya.

Baca Juga:  Jadikan Momentum 1 Muharram Untuk Hijrah Kebangsaan Melawan Pandemi Covid-19 dan Virus Radikalisme dan Politik Identitas

Firli juga berharap masyarakat tetap semangat menyambut Tahun Baru Islam meski pandemi Covid-19 ada di Indonesia. Dia berharap kisah hijrah Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekah ke Madinah pada tahun 622 Masehi menjadi inspirasi umat manusia.

Terakhir, dia juga mengingatkan masyarakat move on dari hal negatif. Dia berharap Indonesia makmur dan rakyatnya sejahtera.

“Selamat merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 H, dengan semangat Antikorupsi, mari bersama kita hijrah atau move on dari hal negatif ke hal positif,” pungkasnya.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Hubungan suami istri

Heboh Anal Seks, KH Cholil Nafis: Haram Hukumnya!

Jakarta – Akhir-akhir ini heboh pemberitaan seorang wanita dan istri yang melaporkan suaminya yang juga …

umat muslim melaksanakan ibadah shalat idul fitri hijriah

Ini Alasan Aceh Disebut Serambi Makkah

JAKARTA – Orang-orang Indonesia sejak zaman Belanda telah melaksanakan ibadah haji, dahulu kala menggunakan kapal …