doa belajar
doa belajar

Mulai Mendekati Ujian, Ingin Cepat Paham Pelajaran, Baca Doa ini

Menuntut ilmu merupakan sebuah kewajiban bagi tiap muslim. Seseorang yang berilmu tentu akan berbeda dengan yang tidak memiliki ilmu. Orang yang berilmu akan diangkat derajatnya oleh Allah Swt (al-Mujadalah: 11). Dengan ilmu yang dimiliki, seorang bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mendapatkan ilmu, dibutuhkan usaha yang maksimal. Tidak mudah untuk mendapatkannya, dibutuhkan ketekunan, kedisiplinan, kesabaran guna meraihnya. Bahkan dahulu orang harus pergi ke tempat yang jauh untuk belajar.

Namun berbeda dengan saat ini, di zaman modern ini, ilmu begitu mudah didapat. Sebab penyebarannya yang begitu pesat di internet. Maka pandai-pandailah memilah dan memilih suatu disiplin keilmuan, agar tidak terjebak dalam kesesatan.

Selain membutuhkan ketekunan dalam mendapat ilmu, namun bagaimana agar ilmu tersebut mudah masuk dan memahaminya dengan baik. Maka perlu usaha batin agar ilmu bisa melekat, juga sebagai upaya kita agar senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kemampuan orang memang berbeda-beda, dalam hal belajar misalnya. Ada orang yang dengan mudah dan cepat menangkap suatu materi, ada juga yang lambat untuk memahami. Nah, bagi yang merasa kesulitan, maka harus mengeluarkan tenaga lebih keras lagi. Karena ilmu memang diraih dengan kesungguhan.

Setelah berusaha maksimal, jangan lupa berdoa. Ini berlaku bagi siapa saja yang menginginkan ilmu. Sehingga ilmu dapat mudah diserap dan agar tidak mudah melupakannya. Karena usaha tanpa doa itu merupaka kesombongan. Begitupun dengan usaha, tanpa disertai dengan doa adalah kesia-siaan. Maka, kita memohon agar ilmu dapat bermanfaat.

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً وَرِزْقًا وَاسِعًا وَاِلَى الْخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ بَعِّدْنَا

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, amal perbuatan yang diterima, rezeki yang lapang, dan dekatkanlah aku ke perilaku yang baik serta jauhkanlah aku dari perbuatan yang jelek.


رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Baca Juga:  Do’a yang Diajarkan Rasulullah SAW untuk Meraih Masa Depan Cerah

“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Berikut doa sebelum belajar yang dianjurkan:

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

“Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

Begitu berharganya suatu ilmu yang sekaligus menjadi penerang umat manusia dalam menjalani kehidupan. Tidak semua ilmu mudah didapatkan, namun ada saat ketika seseorang sulit mendapatkannya. Kembali lagi kepada pemilik ilmu, yakni Allah Swt. Dan untuk mendapatkannya butuh kemurnian hati.

Di antara penyebab utama seseorang sulit memahami suatu ilmu ialah dosa yang diperbuat. Maka dari itu, kita harus senantiasa bermuhasabah atas segala kesalahan dan memperbaiki diri agar lebih baik lagi.

Sebagaimana Habib Zain bin Sumaith (dalam kitab Al-Nujum Al-Zahirah), agar cepat paham ilmu, maka beristighfarlah.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّوْمَ بَدِيْعَ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا مِنْ جَمِيْعِ جُرْمِيْ وَإِسْرَافِيْ عَلىَ نَفْسِيْ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

“Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, yang tiada Tuhan melainkan Dia, Yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri, Dzat yang menciptakan langit dan bumi dan semua isinya, dari semua kejahatanku dan kezalimanku atas diriku, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Semoga kita bisa terhindar dari perbuatan dosa dan senantiasa menghiasi hari-hari dengan berbuat baik, dan banyak menuntut ilmu. Agar mendapat keselamatan di dunia maupun di akhirat kelak. Aamiin.

Bagikan Artikel
Best Automated Bot Traffic

About Muhammad Ikhsan Hidayat

Avatar
Peneliti di Pon-pes Dar al-Qolam Semarang