wali nikah
wali nikah

Mau Akad Nikah, Jangan Lupa Shalat Sunnah Dulu

Shalat sunnah sebelum akad nikah tidak lazim dilakukan. Entah karena memang tidak mentradisi, atau memang kurang mengerti. Padahal momen akad nikah adalah ritual sakral yang bisa jadi terjadi satu kali selama hidup.

Tujuan utama menikah tidak lain untuk meraih ridha Allah dan mengikuti sunnah Rasul-Nya. Oleh karena itu, ada kesempatan untuk berdoa sebelum melangsungkan ijab kabul, yakni setelah selesai shalat sunnah dua rakaat sebelum akad nikah.

Ibnu Hajar al Haitami dalam Tuhfatu al Muhtaj fi Syarhi al Minhaj menjelaskan, alangkah baiknya mempelai pria dan wali mempelai perempuan untuk shalat sunnah dua rakaat dulu sebelum melangsungkan akad nikah dan dilakukan ditempat berlangsungnya akad. Sementara untuk mempelai perempuan tidak disunnahkan. Akan tetapi, jika bertepatan dengan waktu dimakruhkan shalat kesunnahan tersebut hilang.

Dalam Hawasyi al Syirwani, pendapat yang sama disampaikan oleh Imam Syibramilisy mengutip pernyataan Imam Ramli. Mempelai pria dan wali mempelai putri disunnahkan shalat sunnah dua rakaat di tempat akad sebelum melangsungkan ijab kabul.

Sebagai penguat, dalam kitab Nihayatu al Zain dijelaskan beberapa shalat sunnah, diantaranya, dua rakaat saat perang jika memungkinkan, ketika keluar dari rumah, ketika keluar dari Masjid Nabawi, ketika akan melakukan perjalanan, dan disaat akan melangsungkan akad nikah.

Dengan demikian, tidak diragukan lagi kesunnahannya shalat dua rakaat sebelum melangsungkan akad nikah. Karenanya, penting untuk memperhatikannya dan mengamalkannya. Tujuannya tidak lain mengharap ridha Allah dan berdoa supaya bisa menjalani hidup berkeluarga dengan sakinah, mawaddah dan penuh kasih sayang.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Main Handphone Saat Khatib Berkutbah, Bagaimana Hukumnya?

About Khotibul Umam

Avatar of Khotibul Umam
Alumni Pondok Pesantren Sidogiri

Check Also

madzhab hanafi

Taliban Berpangku pada Madzhab Hanafi, Ini Karakteristik Pendiri dan Karakteristiknya

Taliban yang berhasil menguasai Afganistan kali ini sebenarnya dalam pemikiran mengikuti salah satu imam besar …

surat al jin

Tafsir Surat al Jin ayat 19: Nabi Dikerumuni oleh Jin?

Pelabelan “Dungu” sangat cocok disematkan kepada Muhammad Kece. Pastinya julukan ini akan diamini oleh semua …