logo oki
logo oki

OKI Kutuk Keras Kebijakan Pembongkaran Kuburan Muslim oleh Israel Di Yerusalem

ANKARA – Israel kembali membuat ulah dengan melakukan pembongkaran pemakaman muslim Palestina di Yerusalem. Pembongkaran dilakukan terhadap situs umat muslim sehingga akan memunculkan kemarahan umat muslim khususnya Palestina. Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mengutuk keras langkah Israel tersbut dan menggambarkan sebagai bentuk arogansi untuk menyulut kemarahan dan konflik yang tiada henti.

Menyoroti kesucian pemakaman Mamilla dan Al Yousifieh, yang berusia lebih dari 1.000 tahun, OKI mencatat kebijakan Israel kini menargetkan situs suci Islam, situs budaya dan budaya Muslim di Yerusalem yang diduduki.

Dilansir di Anadolu Agency dan republika.co.id Rabu (13/10), kebijakan semacam itu dinilai sebagai tindakan provokasi terhadap perasaan umat Islam pada umumnya dan khususnya masyarakat Palestina.

OKI juga menggarisbawahi, partisipasi Presiden FIFA Gianni Infantino dalam pembukaan The Friedman Center for Peace through Strength di Museum of Tolerance di Yerusalem, yang dibangun di lokasi pemakaman Muslim yang dihancurkan, bertentangan dengan nilai-nilai luhur yang mendasari olahraga dan prinsip-prinsip FIFA.

Mereka menilai tindakan yang dilakukan Presiden FIFA mencerminkan bias yang jelas, serta tidak dapat diterima dalam mendukung pendudukan Israel.

Sebelumnya diberitakan Direktur Eksekutif Komisi Perlindungan Makam Muslim, Ahmed al-Dajani, mengatakan pengadilan Israel telah memberikan izin kepada Direktorat Arkeologi Israel untuk bekerja di lokasi yang dekat dengan kuburan.

Al-Dajani mengatakan beberapa kuburan yang dihancurkan adalah milik orang-orang Muslim yang menjadi martir dalam konflik antara tahun 1948 dan 1967. Israel disebut akan menghadapi tindakan hukum sebagai tanggapan atas tindakan ini.

“Wilayah itu merupakan bagian tak terpisahkan dari pemakaman. Kota Yerusalem, di bawah pemerintahan Israel, telah merencanakan untuk membangun sebuah taman di dekat Pemakaman Al Yousifieh,” kata dia.

Baca Juga:  Umat Islam Harus Bersatu Bela Palestina

Pemakaman Al Yousifieh, yang terletak di sebelah tembok yang mengelilingi Kota Tua, adalah salah satu kuburan Muslim tertua di Yerusalem yang diduduki.

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

pwnu dki jakarta menyalurkan keasiswa kepada santri

Peringati Hari Santri, PWNU DKI Jakarta Salurkan Beasiswa 200 Santri

JAKARTA  – Akar historis Hari Santri adalah tercetusnya Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim …

Pondok pesantren

Pesantren Berperan Besar Sebarkan Ajaran Islam ke Seantero Nusantara

Jakarta – Pesantren berperan besar dalam memperkuat pendidikan Islam dan generasi bangsa. Melalui pesantren juga, …