KH Said Aqil Siroj
KH Said Aqil Siroj

Pandemi Covid-19, Penting Bagi Umat Islam Untuk Perkuat Spiritualitas dan Keimanan

Jakarta –  Di tengah pandemi Covid-19 yang semakin meningkat, sangat penting bagi umat Islam untuk terus membangun dan memperkuat spiritualitas serta keimanan kepada Allah SWT. Ini penting karena kondisi akhir-akhir ini sudah sangat mengkhawatirkan dimana persebaran virus corona melonjak tajam di Indonesia sehingga sangat banyak orang yang terpapar.

“Tidak ada cara lain selain kita beristighotsah, berdoa, bermunajat kepada Allah SWT. Karena hanya Allah-lah yang bisa mengangkat bala dan wabah saat ini,” kata Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj dikutip dari laman okezone.com, Jumat (9/7/2021).

Kiai Said juga mengingatkan agar umat Islam mengurangi pertemuan dalam jumlah besar. Lebih dari itu, kondisi yang memaksa untuk tetap tinggal di rumah sebaiknya dimanfaatkan untuk menyendiri atau uzlah dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

“Kita harus mengurangi pertemuan-pertemuan orang-orang banyak. Momen ini kita manfaatkan untuk uzlah. Berkumpul bersama orang sering kali membuat kita hubbuddun ya atau mencintai dunia berlebihan,” ujarnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak ibadah seperti puasa. Menurutnya puasa dapat menjauhkan dari godaan setan. “Mari memanfaatkan untuk puasa. Karena setan itu masuknya dari perut yang kenyang,” kata Kiai Said.

Ia mengingatkan agar umat Islam tak henti berdoa kepada Allah dan berharap agar diselamatkan oleh Allah SWT dari bala dan mara bahaya termasuk Covid-19.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, Pemerintah Siapkan Dukungan Pelaksanaan AKB di Pesantren

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

AC Milan ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad

AC Milan Ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad Kepada Fans Beragama Islam

Milan – Klub sepakbola AC Milan memberi ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. …

Ken Setiawan di UM Metro

Ken Setiawan: Ribuan Kelompok Radikal yang Mengatasnamakan Agama di Lampung Masih Gentayangan

Lampung – Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan mengaku prihatin terhadap fenomena …