Wapres Sukabumi
Wapres Sukabumi

Penerapan New Normal, Pemerintah Naikkan Anggaran Lembaga Pendidikan Islam Rp2,6 Triliun

Jakarta – Pemerintah menaikkan anggaran lembaga pendidikan agama Islam seperti pesantren, madrasah diniyah, hingga lembaga pendidikan Al-Quran sebesar Rp2,6 Triliun. Kenaikan anggaran itu sebagai konsekuensi dalam menjalankan penerapan new normal di tengah pandemi Covid-19 yang belum reda.

“Pesantren jangan sampai menjadi pusat penularan Covid 19. Pemerintah memiliki perhatian ke pesantren, diniyah dan pendidikan Al Quran. Pemerintah menyediakan dana Rp 2,6 T,” kata Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin saat melakukan kunjungan kerja ke Pesantren Assobariyah, Kota Sukabumi, Rabu (8/7/2020).

Menurut Wapres, dari total dana itu nantinya akan diberikan sebagai bantuan operasional terhadap pesantren-pesantren. Besarnya bervariasi antara Rp 25 juta, Rp 40 juta, Rp 50 juta disesuaikan dengan kriteria pesantren.

Terkait besarnya dana tersebut, Komisi VIII DPR juga telah menyutujui usulan Kementrian Agama terkait tambahan dana untuk penanganan dampak Covid-19 di pondok pesantren dan juga lembaga keagamaan Islam sebesar Rp. 2,6 triliun.

Anggaran senilai Rp. 2,6 triliun ini nantinya akan diperuntukkan untuk empat hal. Pertama dana tersebut akan diperuntukkan untuk bantuan operasional kepada 21.173 pondok pesantren.

Kedua, dana ini juga akan diperuntukkan untuk dana operasional Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT). Ketiga, bantuan operasional kepada 112.008 Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ). Dan yang keempat diperuntukkan untuk bantuan pembelajaran online kepada 14.906 pondok pesantren.

Menuju Indonesia yang produktif namun tetap aman. Pemerintah juga menghimbau agar setiap pondok pesantren dan lembaga keagamaan Islam menerapkan protokol kesehatan dengan optimal.

Menag Fachrul Razi mengatakan bahwa Kementerian Agama tidak hanya memberikan bantuan penanggulangan Covid-19 bagi pesentren dan lembaga keagamaan Islam saja.

“Bantuan diberikan secara seimbang. Kita sudah hitung tidak hanya untuk pesantren saja tetapi juga untuk pendidikan agama lain,”ujar Fachrul Razi.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Kampung Muslim Yang Dibakar Saat Kerusuhan Kini Seperti Kota Hantu

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Upacara peringatan HUT ke RI di Ponpes Ngruki

Ingin Hapus Stigma Radikal, Ponpes Ngruki Gelar Upacara HUT ke-77 RI

Solo – Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo akan menggelar upacara peringatan HUT RI, besok. Hal …

ustaz abu bakar baasyir mengikuti upacara hut ke ri di ponpes ngruki

77 Tahun Indonesia Merdeka Jadi Momentum Ponpes Al-Mukmin Ngruki dan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir Gelar Upacara Bendera

Solo – Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki untuk pertama kalinya menggelar upacara peringatan HUT ke- 77 …