Taliban kuasai Afghanistan
Taliban kuasai Afghanistan

Pengamat: Waspada Eforia Taliban dan Negara Islam di Afghanistan Bisa Menular

Jakarta – Kelompok Taliban kembali berkuasa di Afghanistan setelah menumbangkan pemerintah yagn sah dibawah Presiden Ashraf Ghani. Kini Taliban tengah eforia setelah menguasai seluruh Afghanistan. Bahkan setelah berkuasa, Taliban membebaskan ribuan tahanan kelompok-kelompok teroris seperti ISIS dan Al-Qaeda.

Pengamat Terorisme dari Universitas Indonesia (UI), Ridlwan Habib, di Jakarta, Rabu (18/8/2021),  mengatakan eforia Taliban itu bisa menular dan menjadi inspirasi dan menumbuhkan motivasi baru untuk membentuk negara Islam, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di negara lain.

“Itu Taliban saja bisa membentuk Emirat Islam Afganistan, kenapa kita tidak bisa. Ini lebih pada menumbuhkan militansi politik, bukan ke gerakan terornya,” ujarnya.

Ia mengakui, ada elemen-elemen di Indonesia yang ingin mengubah negara Pancasila menjadi negara Islam. Karenanya, kemenangan Taliban dapat membuat elemen-elemen tersebut menampakkan diri.

Ridlwan menambahkan, apabila euforia atas kemenangan Taliban masih sebatas ide dan gagasan, pihak berwenang tidak dapat bertindak atau menangkapi orang-orang yang terjangkit euforia tersebut. Berbeda apabila melakukan aksi bom untuk mewujudkan keinginan mereka. Karenanya, tidak terlalu mengkhawatirkan, kecuali jika nantinya elemen-elemen simpatisan yang ingin mengubah Pancasila bisa sampai menguasai DPR dan berhasil memengaruhi semua fraksi hingga sepakat mengubah ideologi Pancasila jadi negara Islam.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Tuan Guru Bajang: Vaksinasi Bagian dari Tuntunan Agama

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

20210923170611

Taliban Akan Kembali Berlakukan Hukum Potong Tangan

KABUL – Pasca berhasil menguasai Afganistan, Taliban selalu menjadi perbincangan, berbagai spekulasi dan analisis diutarakan oleh …

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara di depan Majelis Umum PBB

Turki di Garis Terdepan Perang Melawan Islamofobia

New York – Turki siap mengambil peran utama dalam berperang melawan Islamofobia di komunitas internasional. …