umat muslim di kota moorhead minnesota amerika serikat memaafkan 210505085910 152
umat muslim di kota moorhead minnesota amerika serikat memaafkan 210505085910 152

Perlihatkan Akhlaq Islam, Muslim Moorhead Undang Pelaku Vandalisme ke Masjid

MOORHEAD — Umat  muslim di Minnesota, Amerika Serikat sempat terkejut dengan adanya tulisan vandalisme di tembok dan beberapa jendela masjid di kota Moorhead. Aksi intoleran tersebut dilakukan oleh seorang pemuda  berusia 22 tahun. Namun demikian, keterkejutan jamah masjid Moorhead tidak berlangsung lama karena pasca ditangkapnya pelaku, pihak pengurus masjid justeru mengundang pemuda pelaku vandalisme beserta keluarganya ke masjid.

Dengan mengundang pelaku vandalisme, umat muslim moorhead justeru memperlihatkan ahlaq yang diajarkan dalam islam dan menjadi salah satu perilaku yang dapat menjadi contoh bagi semua lapisan masyarakat.

Diketahui pelaku adalah Benjamin Stewart Enderle (22 tahun). Pria asal Moorhead itu ditangkap pada 28 April dengan tuduhan tindakan kriminal dan melakukan pengrusakan. Tuduhan semakin berat karena menyangkut komunitas yang dilindungi. Polisi menangkap Enderle setelah melakukan penyelidikan terhadap cat semprot yang digunakan.  

Dalam aksinya, Enderle menuliskan di bagian luar masid ‘Matilah Islam’ dan Wanita tak bisa memilih’. Ia juga mencoretkan gambar rasis di enam jendela masjid. Setelahnya sekitar 400 warga bergotong royong menghapus coretan itu dalam waktu 2 jam.

Sementara akun penggalangan dana  GoFundMe telah mengumpulkan total  65.691 dolar Amerikauntuk membantu renovasi masjid dan untuk membeli peralatan keamanan tambahan.

“Ini adalah bulan Ramadhan, dan pengampunan adalah pesan yang kami pelajari dari hari kami melangkah ke dunia ini. Dengan mengingat hal itu, kami ingin memberi tahu pria yang diduga memasang coretan dan pesan kebencian di masjid kami bahwa kami memaafkannya dari lubuk hati kami yang terdalam, “kata Sajid Ghauri, penasihat untuk Pusat Islam Moorhead Fargo seperti dilansir Duluth News Teibune dan ihram.co.id pada Rabu (5/5).

“Daripada datang dalam kegelapan, silakan datang dalam terang dan berbicara dengan kami. Aku jamin kita akan menemukan banyak kesamaan dan kita akan menjadi teman baik. Cinta jauh lebih kuat daripada kebencian,” tambahnya.

Baca Juga:  Persis Jabar: Sangat Berbahaya Bila Syiah dan Ahmadiyah Diakui Negara

Dalam rilis berita, Dewan Hubungan Amerika-Islam di Minnesota memuji kepemimpinan Pusat Islam Moorhead Fargo dan komunitas Moorhead menyebut pekerjaan mereka sebagai berkah selama bulan suci Ramadhan. “Sementara kejahatan rasial mengirimkan pesan mengerikan kepada komunitas kami, kami menyambut baik kesempatan untuk menyembuhkan dan bergerak maju,” kata Jaylani Hussein, direktur eksekutif.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …