Gedung gedung terbakar di Gaza setelah dihantam rudal Israel
Gedung gedung terbakar di Gaza setelah dihantam rudal Israel

Pesawat Tempur Israel Bombardir Gaza, 132 Rakyat Palestina Temui Ajal, 1 Masjid Hancur

Jakarta – Israel terus menggempur Gaza saat umat Muslim Palestina tengah merayakan Hari Raya Idul Fitri. Bahkan, Sabtu (15/5/2021) dinihari, pesawat-pesawat tempur Israel terus membombardir Gaza. Serangan itu menjadikan total 132 rakyat Palestina menemui ajal.

Petugas medis Palestina dilansir kantor berita Reuters dan Channel News Asia, Sabtu (15/5/2021), mengatakan setidaknya empat orang tewas dalam salah satu dari beberapa serangan udara di Gaza utara.

Kementerian Urusan Agama Palestina mengatakan pesawat tempur Israel menghancurkan sebuah masjid. Seorang juru bicara militer Israel mengatakan pihaknya sedang memeriksa laporan itu.

Sejauh ini belum ada tanda-tanda pertempuran akan berakhir. Jumlah korban jiwa terus bertambah, dengan otoritas Palestina melaporkan 11 orang tewas di Tepi Barat di tengah bentrokan antara pengunjuk rasa dan pasukan keamanan Israel.

Pejabat medis Palestina mengatakan, sedikitnya 132 orang telah tewas di Gaza sejak Senin (10/5/2021), termasuk 32 anak-anak dan 21 wanita, dan 950 lainnya terluka.

Hamas mengatakan seorang wanita dan seorang anak laki-laki termasuk di antara empat orang yang tewas dalam serangan udara Israel yang menghantam sebuah rumah milik keluarga Abu Hattab di kamp pengungsi di Kota Gaza. Militer Israel belum menanggapi permintaan komentar atas serangan itu.

Sementara itu otoritas Israel mengatakan, di antara delapan orang yang tewas di Israel adalah seorang tentara yang berpatroli di perbatasan Gaza dan enam warga sipil, termasuk dua anak.

Israel melancarkan serangan sepanjang hari pada hari Jumat (14/5/2021) untuk menghancurkan apa yang disebutnya sebagai terowongan sepanjang beberapa kilometer, lokasi peluncuran dan gudang pembuatan senjata yang digunakan oleh Hamas. Mereka berdalih penghancuran itu untuk menghentikan serangan roket.

Hamas yang menguasai Gaza, melancarkan serangan roket pada hari Senin (10/5/2021), sebagai pembalasan atas bentrokan polisi Israel dengan warga Palestina di dekat Masjid al-Aqsa.

Baca Juga:  Koin Islam dari Masa Khalifah Harun Al-Rasyid Ditemukan Dalam Celengan di Israel

Militer Israel mengatakan lebih dari 2.000 roket telah ditembakkan dari Gaza ke Israel sejak Senin (10/5/2021), sekitar separuhnya berhasil dicegat oleh sistem pertahanan rudal dan 350 jatuh ke Jalur Gaza.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

20210923170611

Taliban Akan Kembali Berlakukan Hukum Potong Tangan

KABUL – Pasca berhasil menguasai Afganistan, Taliban selalu menjadi perbincangan, berbagai spekulasi dan analisis diutarakan oleh …

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara di depan Majelis Umum PBB

Turki di Garis Terdepan Perang Melawan Islamofobia

New York – Turki siap mengambil peran utama dalam berperang melawan Islamofobia di komunitas internasional. …