Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Polri Rekrut 83 Santri Sepanjang 2021, 56 Diantaranya Calon Bintara Hafiz Quran

Jakarta – Janji Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk merekrut santri dan mendorong anggota Polri belajar kitab kuning di awal jabatannya, kini mulai terbukti. Sepanjang tahun 2021 kemarin, Polri telah merekrut 83 santri, 56 diantaranya adalan calon bintara hafiq Quran.

“Polri telah merekrut kurang lebih 83 lulusan santri dimana 56 di antaranya merupakan calon-calon bintara yang memiliki kemampuan hafiz Qur’an,” ujar Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam pemaparan Rilis Akhir Tahun Polri 2021, Jumat (31/12/2021).

Selain itu, Kapolri mengungkapkan, pihaknya juga merekrut personel dari suku pedalaman. Sebanyak 3.500 personel dari Orang Asli Papua (OAP) direkrut untuk memperkuat kebutuhan Polri di tanah Papua.

“Kemudian kami juga berusaha untuk merekrut bibit SDM melalui program rekrutmen proaktif di tahun 2021,” imbuh Kapolri.

Kapolri juga menyoroti permasalahan kesetaraan gender. Polri pastikan ruang jabatan Inspektur Jenderal (Irjen) terbuka untuk semua anggota tanpa melihat gender.

“Kita juga akan berikan ruang jabatan untuk setingkat Inspektur Jenderal polisi dan ini tentunya menjadi program kami, untuk terus memberikan kesempatan dan ruang bagi kesetaraan gender,” ujar Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Tidak hanya ruang jabatan perwira tinggi atau Irjen yang terbuka tanpa melihat gender, Polri pastikan kesempatan itu juga berlaku pada penugasan berisiko tinggi. Langkah ini disebutkan Sigit, diambil Polri untuk menjawab permasalahan kesetaraan gender.

“Kemudian terkait dengan kesenjangan gender yang selama ini juga tentunya menjadi permasalahan di seluruh dunia. Perlahan-lahan kami melakukan langkah-langkah dalam memperbaiki kesetaraan ini dengan memperbaiki ruang-ruang jabatan perwira tinggi khususnya juga beberapa penugasan yang high risk,” ujar Sigit.

“Yang tentunya ini juga memerlukan kesiapan dan kemampaun khusus dari anggota kita dan ini akan kita tingkatkan ke depan,” kata Sigit.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Menkes: Selain Usaha, Doa itu Penting untuk Melindungi Indonesia dari Corona

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

akhlak karimah

Khutbah Jumat – Menyelamatkan Generasi Muda Dari Virus Radikalisme

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …