f f d bed ea
f f d bed ea

Prof Abdul Mu’ti: Masih Ada Masjid Gelar Salat Idul Adha, Itu Masalah Keyakinan

Jakarta – Pelaksanaan Idul Adha secara umum berjalan sesuai dengan yang diharapkan yaitu tidak terjadinya kerumunan masyarakat. Sehingga tingkat kepatuhan masyarakat akan menerapkan protokol kesehatan semakin baik. Meski demikian, terdapat sejumlah masjid di Jakarta yang tetap menggelar salat Idul adha.

Masjid yang tetap menggelar salat Idul Adha tidak bisa disalahkan sepenuhnya, karena hal tersebut meyangkut keyakinan masing-masing, disampimg itu tentu karena sudah terjadi, diharapkan tidak menjadi cluster baru penyebaran Covid- 19.

Dalam pantauan Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengungkap ada 36 masjid di Jakarta yang menggelar salat hari raya Idul Adha. PP Muhammadiyah mengatakan salat Idul Adha di masjid atau tidak merupakan masalah keyakinan.

“Soal Idul Adha merupakan masalah keyakinan. Tidak mudah untuk meyakinkan masyarakat agar tidak melaksanakan salat di masjid,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof Abdul Mu’ti kepada wartawan, dikutip dari laman detikcom. Selasa (20/7/2021).

Menurut Abdul Mu’ti, ada multitafsir pula soal imbauan salat Idul Adha tidak di masjid. Semisal, soal boleh di zona hijau dan sepanjang mematuhi protokol kesehatan.

“Selain itu, fatwa dan imbauan MUI dan beberapa ormas Islam juga multitafsir. Misalnya, pernyataan ‘boleh untuk zona hijau atau kuning’. Atau, ‘tidak masalah sepanjang mematuhi protokol kesehatan’,” ujarnya.

Meski demikian, mayoritas masjid menurut Abdul Mu’ti telah mengikuti imbauan pemerintah agar tak melaksanakan salat Idul Adha di masjid. Abdul Mu’ti berharap tak terjadi penularan Corona di masjid yang menggelar salat Idul Adha.

“Tapi, saya kira sudah terjadi banyak sekali perubahan. Sebagian besar masjid tidak menyelenggarakan salat Idul Adha. Itu pertanda bahwa umat Islam mendukung imbauan pemerintah dan ormas Islam. Semoga tidak terjadi penularan COVID-19 dari tempat pelaksanaan shalat,” imbuhnya.

Baca Juga:  Al-Azhar Masukkan Tema-Tema Kontra Narasi Ekstrem Radikal Dalam Kurikulum Pendidikan

DMI sebelumnya mengungkap ada 36 masjid di Jakarta yang menggelar salat hari raya Idul Adha. Ketua DMI DKI Jakarta Makmun Al Ayyubi mengatakan laporan masjid melaksanakan salat Id paling banyak di wilayah Jakarta Utara.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

AC Milan ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad

AC Milan Ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad Kepada Fans Beragama Islam

Milan – Klub sepakbola AC Milan memberi ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. …

Ken Setiawan di UM Metro

Ken Setiawan: Ribuan Kelompok Radikal yang Mengatasnamakan Agama di Lampung Masih Gentayangan

Lampung – Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan mengaku prihatin terhadap fenomena …