Pemeliharaan Kiswah Kabah
Pemeliharaan Kiswah Kabah

Ramadan Tiba, Kiswah Ka’bah Dilakukan Pemeliharan

Mekah – Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci melakukan pemeliharaan kiswah Ka’bah menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Direktur Departemen Pemeliharaan Ka’bah Kiswah di Masjid al-Haram, Fahd al-Jabiri mengatakan, pekerjaan pemeliharaan termasuk mengencangkan sabuk Ka’bah untuk melestarikan keindahannya dan mengencangkan sisi-sisinya.

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (29/3/2022), Al-Jabiri menyebut, Kepresidenan menggunakan teknologi dan bahan paling mutakhir dengan standar internasional saat melakukan pemeliharaan Ka’bah Kiswah. Pergantian kiswah Ka’bah rutin dilakukan setiap menjelang datangnya Ramadan. Pekerjaan pemeliharaan umumnya berlangsung selama lima hari.

Wakil Kepala Jenderal Kepresidenan Urusan Masjid al-Haram, Saad Bin Mohammad al-Mohammed, menjelaskan, kiswah terbuat dari 670 kilogram sutra berkualitas tinggi, 120 kilogram benang emas, dan 100 kilogram benang perak.

“Sebanyak 200 pengrajin Saudi terlibat dalam memproduksi tirai hitam di Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Ka’bah Suci,” kata al-Mohammed.

Kiswah juga dianggap sebagai salah satu karya seni Islam yang paling indah, dengan tinggi 14 meter, sesuai dengan ketinggian Ka’bah, dan lebar 47 meter, cukup untuk menutupi empat sisi situs paling suci Islam.

Bagian atasnya dihiasi dengan strip lebar 95 sentimeter yang menampilkan ayat-ayat Alquran, tertulis dengan benang perak berlapis emas, yang beratnya 120 kilogram. Hampir 650 kilogram sutera alam dibutuhkan untuk membuat kiswah.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Arab Saudi Berikan Kewarganegaraan Kepada Kaligraf Kiswah

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

akhlak karimah

Khutbah Jumat – Menyelamatkan Generasi Muda Dari Virus Radikalisme

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …