094226700 1626325008 830 556

Arab Saudi Berikan Kewarganegaraan Kepada Kaligraf Kiswah

RIYADH – Sebuah kehormatan diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi kepada kaligraf Mukhtar Alim, beliaulah orang yang selama ini berada dibalik penulisan kain Kiswah atau penutup Ka’bah, atas dedikasinya pemerintah Arab Saudi memberikan kewarganegaraan kepadanya bersama sejumlah tokoh lainya dalam bidang agama, sejarah, budaya, medis, investasi, pendidikan, digital dan olahraga. Dilansir surat kabar Asharq Al-Awsat dan republika.co.id Jumat (12/11), Selain tokoh-tokoh tersebut, peneliti terkenal Muhammad Al-Baqai, seniman teater Samaan Al-Ani juga diberikan kewarganegaraan Arab Saudi.

Kerajaan Arab Saudi selama ini tidak sembarangan memberikan kewarganegaraan kepada orang asing, sehingga meskipun banyak orang yang ingin menjadi warga negara Arab Saudi, prosesnya cukup sulit.

Mukhtar Alim

Mukhtar Alim saat ini bekerja sebagai kepala kaligraf kiswah Ka’bah di pabrik kiswah di Makkah. Dia memamerkan karya kaligrafi utamanya di pameran dan forum internasional.

Mukhtar Alim juga memberikan pelajaran dan kursus dalam pelatihan keterampilan kaligrafi. Karyanya tentang kaligrafi sedang diajarkan di Institut Masjidil Haram di Makkah.

Dia juga pernah bekerja sebagai kaligraf untuk pemegang ijazah diploma, magister dan PhD di Universitas Umm Al-Quran. Berbagai penghargaan dan piagam penghargaan telah diraihnya dari berbagai instansi.

Amin Seido

Amin Seido telah menulis lebih dari 30 publikasi yang berfokus pada gerakan budaya lokal, pemikiran, dan sastra di Kerajaan. Seido menguasai studi bibliografi dan mempresentasikan karyanya.

Dia bekerja di Perpustakaan Nasional Raja Fahd sebagai pemimpin redaksi majalahnya. Dia mempresentasikan studi bibliometrik dan inventaris bibliografi dengan topik Saudis and library and information science.

Muhammad Al-Beqai

Al-Beqai adalah peneliti, sejarawan, dan penerjemah terkemuka. Dia menulis sekitar 40 buku dalam berbagai seni, terutama studi sejarah dan kritis serta terjemahan.

Baca Juga:  Fakta Seputar KDW, Terduga Teroris yang Ditangkap di Bogor

Dia juga merupakan profesor studi linguistik dan sastra kritis di sejumlah institusi akademik, termasuk Universitas King Saud di Riyadh. Saat ini, Al-Beqai bekerja di King Salman Center for the Historical and Civilization Studies of the Arabian Peninsula. Pada 2018, ia dianugerahi Penghargaan Internasional Raja Abdullah untuk Penerjemahan.

Abdul Karim Al-Sammak

Sejarawan terkenal Abdul Karim Al-Sammak adalah pemegang gelar doktor dalam sejarah modern dan kontemporer. Dia telah menghabiskan hampir setengah abad dalam layanan khusus menerbitkan terjemahan sejumlah negarawan selama periode pendirian Kerajaan, terutama tentang orang-orang Arab yang bekerja dengan Raja Abdul Aziz.

Dia berperan penting dalam menerbitkan beberapa buku seorang jurnalis dan sejarawan terkemuka Amin Saeed yang berfokus pada negara Saudi. Arsip majalahnya yang berjudul “The Far East” dianggap sebagai bahan sumber dalam sejarah Kerajaan Hijaz dan Najd serta pencaplokannya.

Samaan Al-Ani

Al-Ani adalah salah satu pelopor seni teater di Arab Saudi. Dia adalah salah satu yang pertama bergabung dengan teater Saudi sebagai sutradara sejak 1970-an, setelah lulus dari departemen teater di Baghdad.

Drama “The Train of Fortune” yang  disutradarai olehnya dianggap sebagai karya teater Saudi pertama. Dia mempersembahkan banyak karya teater dan berpartisipasi dalam banyak festival teater internasional. Banyak aktor Saudi telah belajar seni akting darinya.

 

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

viral ustaz berdakwah sambil streaming mobile legends

Inovasi Keren, Ustaz Berdakwah Sambil Streaming Mobile Legends

Jakarta – Berdakwah atau mensyiarkan agama dan kebaikan dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang paling …

MBS

Diangkat Jadi Perdana Menteri, MBS Penanggung Jawab Baru 2 Masjid Suci

Riyadh –Raja Salman telah mengangkat Putra Mahkota Muhammed Bin Salman (MBS) sebagai Perdana Menteri Arab …