Kejadian Di Bulan Shafar

Sejarah dan Kejadian Penting di Bulan Shafar

Sebenarnya, nama-nama bulan dalam kalender Hijriyah telah ada sejak sebelum Islam menapak di jazirah Arab. Masyarakat Makkah pra Islam telah menggunakannya sebagai penanda pergantian hari, pekan, bulan dan tahun. Kemudian secara resmi dijadikan penanggalan Islam pada masa Khalifah Umar bin Khattab dengan urutan nama-nama seperti yang kita kenal saat ini. Dan Shafar dipilih sebagai bulan yang kedua.

Ibnu Mandzur dalam Lisan al ‘Arab menulis alasan kenapa bulan kedua pada kalender Hijriyah adalah Shafar. Disebut bulan Shafar karena pada bulan ini Makkah kosong karena penduduknya banyak yang safar (melakukan perjalanan).

Dalam sejarah Islam ada banyak kejadian penting yang terjadi pada Bulan Shafar. Ada beberapa peristiwa bersejarah yang selalu lekat dalam hati umat Islam yang terjadi di bulan ini. Habib Abu Bakar al ‘Adni mencatat dalam karyanya Mandzumah Syarh al Atsar fi ma Warada ‘an Syahri Shafar.

Pertama, pernikahan Rasulullah dengan Siti Khadijah al Kubra. Dalam sejarah Islam, pernikahan ini kemudian membawa manfaat besar terhadap perkembangan Islam. Sebab Khadijah tumbuh sebagai istri yang menyokong perjuangan Islam dengan harta dan kekayaan yang dimilikinya. Sebab itu, bulan Shafar menjadi istimewa karena peristiwa ini.

Kedua, pada bulan Shafar juga dilangsungkan pernikahan antara Ali bin Abi Thalib dengan Fatimah al Zahrah, putri Nabi. Ini juga sangat istimewa sebab merupakan pernikahan dua orang yang sama-sama memiliki kecintaan yang tinggi kepada Islam. Ali sebagai pemuda pertama yang memeluk Islam dan Fatimah sebagai putri Nabi yang secara ikhlas mengorbankan jiwa raganya untuk kepentingan agama.

Ketiga, momentum paling bersejarah dalam Islam, yakni hijrahnya Nabi dari Makkah ke Madinah juga terjadi pada bulan Shafar. Penanda babak baru kebangkitan Islam. Sekali lagi, bulan Shafar menyimpan memori sejarah penting dalam Islam.

Baca Juga:  Khutbah Jumat : Kenali Empat Anugerah Sekaligus Pintu Dosa

Keempat, bulan Shafar juga saksi bisu terjadinya perang pertama dalam sejarah kenabian, yakni perang Abwa. Perang yang terjadi di awal bulan Shafar yang dilakukan oleh pejuang-pejuang Islam.

Inilah sejarah dan peristiwa penting yang terjadi di bulan Shafar. Dengan demikian, patut kita sebagai umat Islam untuk merenungkan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di bulan ini. Kemudian, mematri semangat untuk mencontoh perjuangan Nabi, Siti Khadijah al Kubra, Ali bin Abi Thalib dan Fatimah al Zahrah yang kesemuanya merupakan teladan agung bagi umat Islam.

Bagikan Artikel

About Faizatul Ummah

Faizatul Ummah
Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo