Syeikh Ihsan Muhammad Dahlan Al Jampesi Kediri: Sosok Al Ghazali Kecil Dari Kediri

KH Ihsan lahir pada tahun 1901 M Di masa kecilnya beliau bernama Bakri Beliau adalah putra dari keluarga terpandang bernuansa keagamaan dan keilmuan yang tinggi Ayahnya adalah seorang tokoh agama bernama KH Dahlan seorang kiai yang tersohor pada masanya dan yang pertama kali merintis berdirinya pondok pesantren Jampes pada tahun 1888M sedangkan ibunya bernama Nyai Artimah 1 Ia adalah anak kedua dari KH Dahlan dan Nyai Artimah kedua orang tuanya bercerai ketika ia masih berumur 5 tahun ibunya kembali ke desanya Banjarmelati kota Kediri Bersama adiknya Dasuki ia dibesarkan oleh neneknya di Jampes Sedangkan adiknya yang bernama Marzuqi lahir beberapa bulan setelah perceraian kedua orang tuanya ikut dengan ibunya Bakri dilahirkan dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga pesantren walaupun begitu ia tidak hanya bergaul dengan kalangan anak anak pesantren dan keluarga kyai tetapi juga dengan orang orang komunitas luar pesantren Semenjak kecil Bakri mempunyai kecerdasan fikiran dan daya ingat yang mengagumkan Pada masa remajanya Bakri menggemari bidang seni dan sastra jawa Ia sangat gemar nonton pertunjukan wayang kulit Di manapun ada pertunjukan kesenian Jawa ini di situ Bakri berada Tak pernah ada pertunjukan wayang di daerahnya yang terlewatkan begitu saja tanpa ia tonton Baik yang dipentaskan oleh dalang dalang senior maupun para dalang pemula yang baru saja bisa berpentas Baca Juga Perjalanan Imam Al Ghazali Dalam Mencari Ilmu Sangat wajar kalau kemudian ia menjadi faham betul akan cerita cerita perwayangan dan karakter dari tokoh tokohnya Begitu suka dan senangnya ia kepada kesenian yang konon pernah disempurnakan oleh sunan Kalijaga itu sehingga ia punya hobi mengumpulkan beberapa anak wayang dan dengan koleksi anak anak wayangnya itu seirngkali ia mempertunjukkan kemampuan mendalang di hadapan kawan kawannya 2 Pendidikan Ihsan Muhammad Dahlan JempesiBakri yang selama ini mendapatkan pendidikan agama hanya dari keluarganya terutama nenek dan ayahnya kemudian mulai belajar ilmu ilmu agama melalui lembaga pesantren Untuk yang pertama kali ia belajar di pondok pesantren Bendo Pare Kediri yang diasuh oleh pamannya sendiri KH Khozin kemudian pindah ke pesantren lain dan selanjutnya beberapa kali pindah dari satu pesantren ke pesantren lainnya Beberapa pesantren yang Bakri tempuh dalam menimba Ilmu di antaranya adalah 1 Pesantren Bendo Pare Kediri asuhan KH Khozin Paman Bakri sendiri 2 Pondok Pesantren Jamseran Solo3 Pondok Pesantren Asuhan KH Dahlan Semarang4 Pondok Pesantren Mangkang Semarang5 Pondok Pesantren Punduh Magelang6 Pondok Pesantren Gondanglegi Nganjuk7 Pondok Pesantren Bangkalan Madura asuhan KH Kholil sang Guru Para Ulama Pada 1926 Bakri menunaikan ibadah haji Sepulang dari Makkah namanya diganti menjadi Ihsan Dua tahun kemudian Ihsan berduka karena sang ayah KH Dahlan dipanggil oleh Allah Semenjak itu kepemimpinan PP Pondok Pesantren Jampes dipercayakan kepada adik KH Dahlan yakni KH Kholil Akan tetapi dia mengasuh Pesantren Jampes hanya selama empat tahun Pada 1932 dengan suka rela kepemimpinan Pesantren Jampes diserahkannya kepada Ihsan Sejak saat itulah Ihsan terkenal sebagai pengasuh Pesantren Jampes Ada banyak perkembangan signifikan di Pesantren Jampes setelah Syaikh Ihsan diangkat sebagai pengasuh Secara kuantitas misalnya jumlah santri terus bertambah dengan pesat dari tahun ke tahun semula 150 santri menjadi 1000 santri sehingga PP Jampes harus diperluas hingga memerlukan 1 5 hektar tanah Secara kualitas materi pelajaran juga semakin terkonsep dan terjadwal dengan didirikannya Madrasah Mafatihul Huda pada 1942 Karya Karya Ihsan Muhammad Dahlan Jempesi 3 1 Tasrih Al Ibarat kitab ini menjelaskan tentang cara penggunaan kuadran rubu suatu alat kuno perlengkapan ilmu falak yang berbentuk seperempat lingkaran dengan sisi lengkung 90 drajat Pada bab akhri kitab ini kuadran tersebut digunakan untuk mengetahui awal dan akhir waktu waktu 5 shalat fardhu 2 Siraj Al Thalibin kitab ini merupakan syarah dari kitab karangan terakhir Imam Al Ghazali Minhaj Al Abidin 3 Manahij Al Imdad kitab ini menguraikan tiga pokok ajaran islam yaitu keimanan hukum hukum syari ah dan tasawuf akhlak 4 Irsyad al Ikhwan fi Bayan Hukmi Syurb al Qahwah wa ad Dukhan kitab ini berbicara tentang polemik hukum merokok dan minum kopi Pemikiran Ihsan Muhammad Dahlan Jempesi1 Dalam kitab beliau Sirajutolibin syarah minhajul abidin beliau mengatakan Bahwa saat ini banyak orang bodoh tapi berani mengatakan dirinya bisa sampai kepada maqom makrifat mukasyafah dan mendapat karomat Padahal mereka samasekali tidak mengerti syariat bagaimana mungkin hal itu terjadi assufiyah al maghrurin fi asrihi 2 Pemikiran beliau tentang Uzlah mengasingkan diri pengertian tentang uzlah yang secara umum bermakna pengasingan diri dari kesibukan duniawi Menurut Syekh Ihsan maksud dari uzlah di era sekarang adalah bukan lagi menyepi tapi membaur dalam masyarakat majemuk namun tetap menjaga diri dari hal hal keduniawian Luar biasa sebuah pemikiran yang luar biasa dari seorang pemikir syaikh Ihsan Jampes Inilah konsep yang sangat bijaksana di saat lingkungan di saat masyarakat jauh dari tuntunan bukan berarti mereka harus ditinggalkan untuk mengasingkan diri akan tetapi kita harus tetap ada di tengah tengah mereka untuk membangun dan menyadarkan mereka ke jalan yang lurus Dan tentunya pemikiran beliau senada dengan konsep hijrah yang bukan berrti keharusan hijrah adalah hijrah tempat kan tetapi hijrah pemikiran hijrah akidah dan hijrah pergaulan Kita ada di tengah masyarakatyang rusak bukan untuk ikut rusak akan tetapi untuk tetap istiqomah sambil membenahi ummat Dan pemikiran inilah yang saat ini sedang di jalankan oleh para da i ilalloh Membangun generasi dan membangun negeri bersama para da i 3 Konsep zuhud diartikan sebagai tapa dunia atau menghindari harta benda Syekh Ihsan mengajarkan bahwa orang yang zuhud sebenarnya adalah mereka yang dikejar harta namun tak merasa memiliki harta itu sama sekali Jadi zuhud adalah tapa dunia tapi malah kaya Nah kalau sudah kaya lantas mencari jalan yang terbaik dalam menafkahkan hartanya itu Inilah zuhud yang sebenarnya tanpa meninggalkan harta namun tanpa mendewakan harta Dunia adalah keniscayaan untuk kehidupan juga untuk ibadah yang berhubungan dengan materi Ada zakat sedekah haji umroh dan lain lain Pemikiran beliau memberikan pemahaman kepada kita bahwa dunia bolehdicari dan boleh di miliki tapi ingat dapatkan dengan cara halal dan belanjakan pada yang halal WAFAT JASA DAN WARISAN SYAIKH IHSANSenin 25 Dzul Hijjah 1371 H atau September 1952 Syaikh Ihsan dipanggil oleh Allah SWT pada usia 51 tahun beliau meninggalkan ribuan santri seorang istri dan delapan putra puteri Tak ada warisan yang terlalu berarti dibandingkan dengan ilmu yang telah dia tebarkan baik ilmu yang kemudian tersimpan dalam suthur kertas karya karyanya yang abadi maupun dalam shudur memori murid muridnya Dan inilah warisan yang tak akan pernah habis bahkan Rosululloh menyebutkan bahwa para Nabi tidaklah mewariskan apapun kecuali ilmu dan barangsiapa mengambil warisan tersebut maka dia telah mendapatakan bagian yang amat banyak Beberapa murid Syaikh Ihsan yang mewarisi dan meneruskan perjuangannya dalam berdakwah melalui pesantren adalah 1 Kiai Soim pengasuh pesantren di Tangir Tuban2 KH Zubaidi di Mantenan Blitar3 KH Mustholih di Kesugihan Cilacap4 KH Busyairi di Sampang Madura5 K Hambili di Plumbon Cirebon6 K Khazin di Tegal Sumbangan Syaikh Ihsan yang sangat besar adalah karya karya yang ditinggalkannya bagi masyarakat muslim Indonesia bahkan umat Islam seluruh dunia Sudah banyak pakar yang mengakui dan mengagumi kedalaman karya karya Syaikh Ihsan khususnya masterpiecenya siraj ath Thalibin terutama ketika kitab tersebut diterbitkan oleh sebuah penerbit besar di Mesir Musthafa al Bab al Halab Sayangnya di antara kitab kitab karangan Syaikh Ihsan baru siraj ath Thalibinlah yang mudah didapat Itu pun baru dapat dikonsumsi oleh masyarakat pesantren sebab belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia 1 Syeikh Ihsan Dahlan pengantar buku terjemahan buku kitab kopi dan rokok Jogjakarta Pustaka Pesantren 2009 cet 1 hal xv 2 KH Busrol Karim A Mughni Syekh Ihsan Bin Dahlan Jampes Kediri Jampes Kediri Cetekan ke 9 oktober 2012 hal 23 24 3 Abu An im Petuah Kyai Sepuh Kediri Cv Sumenang 2010 38

Bagikan Artikel ini:

About Islam Kaffah

Check Also

duduk di kuburan

Saat Ziarah, Bolehkah Duduk di Kuburan?

Meskipun arus puritanisasi  mengklaim ziarah kubur adalah ritual bid’ah, tapi tidak banyak muslim nusantara yang …

shalat ghaib korban bencana

Shalat Ghaib untuk Korban Bencana

Pada tanggal 4 Desember 2021 telah terjadi peningkatan aktifitas vulkanik di gunung semeru. Hal itu …