ridha makan
adab makan dalam Islam

Ternyata Ada Kesempatan Meraih Ridha Allah Saat Makan dan Minum

Sudahkah anda makan hari ini? Bila tidak, kesehatanmu akan terganggu. Ragam penyakit akan mendekatimu. Tubuhmu lemah lunglai, bila berlarut begitu, kematian akan menimpamu. Kata agama, makan dan minumlah kalian tapi jangan berlebihan. Keduanya merupakan aktivitas yang menyenangkan. Apalagi jika ditempat yang istimewa seperti di restoran dan tempat rekreasi. Sungguh nikmat yang tak terhingga.

Tetapi, disebalik itu, keduanya bukan hanya sebatas aktivitas duniawi saja, namun juga memiliki nilai ibadah bila dilakukan sesuai dengan anjuran agama. Misalnya, berdoa sebelumnya, membaca basmalah sebelum suapan pertama, dan bersyukur setelah selesai atas nikmat yang Allah berikan.

Bahkan, disaat itu juga, sebenarnya ada kesempatan untuk mendapatkan ridha Allah. Kesempatan ini sering dilupakan dan berlalu begitu saja. Mungkin karena tidak tahu, bisa juga karena terlalu terlena dengan menu hidang yang sangat lezat sehingga lupa segalanya.

Kok bisa meraih ridha Allah saat makan dan minum? Jawabannya, karena Nabi mengajarkan hal itu kepada kita.

“Sesungguhnya Allah ridha kepada seorang hamba ketika makan lalu ia memuji Allah karena makanan tersebut, dan ketika minum memuji Allah karena nikmat minuman tersebut”. (HR. Muslim).

Apabila kesempatan ini kita ambil, dan saat itu ridha Allah menghampiri, alangkah bahagianya. Ada dua nikmat yang dicapai, nikmat makan dan nikmat terbesar disenangi oleh Allah. Dan, pada saat itu pula doa akan terkabul sebab ridha Allah.

Untuk itulah, penting selalu menjaga rasa syukur kita kepada Allah saat melakukan aktivitas makan dan minum yang setiap hari pasti dilakukan, dan tidak hanya sekali sehari. Entah makanan berat maupun ringan.

Supaya bisa menggapai ridha Allah saat makan dan minum, tentunya kita harus tahu adab sopan santunnya seperti telah diajarkan oleh Rasulullah. Bila hal ini telah dilakukan, rasanya tak ada yang sia-sia dalam hidup kita. Sebab ada kesadaran untuk selalu bersyukur bukan hanya saat makan minum saja, tapi juga aktivitas yang lain.

Bagikan Artikel
Baca Juga:  Keteladanan Ali bin Abi Thalib dalam Memaknai Harta
Best Automated Bot Traffic

About Khotibul Umam

Avatar
Alumni Pondok Pesantren Sidogiri