Guru sebagai panutan yang digugu dan tiru harus senantiasa mencerminkan wajah perilaku yang baik Ia lebih mendahulukan uswah hasanah daripada mauidzah hasanah Dalam banyak hal guru sebagai contoh panutan murid muridnya Oleh karena itu dipaksa atau tidak akhlak yang baik harus menghiasi tingkah lakunya sehari hari Mengajar bukan sekedar memberikan nilai dan ilmu Guru dituntut menjadi role model yang baik sehingga murid memandangnya sebagai figur ideal Krisis figur ideal anak dan generasi muda menyebabkan krisis akhlak Pelajaran paling membekas dalam diri murid sebenanyar adalah pembelajaran nilai dan norma yang dilihatnya dari sosok guru Lalu bagaimana seharusnya menjadi guru yang baik Pandangan Imam GhazaliDalam pandangan Imam Ghazali profesi mengajar merupakan pekerjaan sekaligus tugas mulia Oleh karena itu seorang guru harus senantiasa menjaga adab dan bertanggungjawab terhadap tugas yang diembannya Di antara adab yang wajib ada pada seorang guru adalah pertama guru harus selalu menyayangi para murid dan memposisikan mereka layaknya anaknya sendiri Guru ibarat ayah yang sejati bagi murid muridnya Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah Sesungguhnya posisiku terhadap kalian laksana seorang Ayah terhadap anak anaknya HR Abu Daud Menurut pengarang kitab Ihya Ulumiddin ini seorang ayah menjadi sebab atas keberadaan anak anaknya dalam kancah kehidupan di dunia dan apa yang diperoleh dari guru menjadi bekal murid untuk kehidupan di akhirat Dengan demikian menjadi wajar kalau seorang murid dilarang membedakan antara hak guru dan orang tuanya Kedua guru harus selalu meneladani Rasulullah Bahkan ia dilarang untuk menuntut dan mengambil upah dari profesinya sebagai pengajar Sebagaimana firman Allah Kami tidak menghendaki balasan dari kalian dan tidak pula ucapan terima kasih al Insan 69 Walaupun murid mendapat bekal ilmu dari seorang guru bukan berarti guru harus menuntut upah dari transfer ilmu tersebut Karena bagaimanapun murid juga memiliki jasa kepadanya sebab muridlah ia bisa mengajar mentransformasi ilmu sebagai amal jariyah dan bisa lebih dekat kepada Allah melalui penanaman ilmu serta keimanan di dalam hati murid muridnya Ketiga guru harus selalu memberikan nasihat mengenai apa saja demi kepentingan masa depan muridnya Sebagai contoh melarang murid untuk mencari kedudukan sebelum mereka layak untuk mendapatkannya Melarang mereka menekuni ilmu batin sebelum syariatnya mumpuni Keempat guru dalam memberikan nasehat harus dengan hati yang tulus dan ikhlas serta mendorong murid muridnya untuk selalu berakhlakul karimah Dalam soal memberi nasehat harus dengan cara yang lemah lembut tidak kasar dan dilakukan dengan cara yang bijaksana Sebab kasar sangar dan keras justru dapat merusak substansi tujuan yang ideal Sejatinya guru harus selalu bersikap dan berperilaku baik baru kemudian ia menuntun murid muridnya untuk bertindak yang sama apabila pola tingkah guru mencerminkan akhlak yang tercela bagaimana mungkin akan memberi nasehat baik Sebab apapun yang disampaikan menjadi tidak berguna Keteladanan dengan bahasa tubuh jauh seribu kali lebih baik daripada daripada menggunakan kalimat atau bahasa indah dari bibir Tipe Ideal Guru menurut Syeikh ZarnujiSementara Syeikh al Zarnuji pengarang kitab Ta lim al Muata allim menjelaskan tipe guru ideal sebagai pertama ikhlas dalam menjalankan tugas Ikhlas menjadi penentu tingkat kesuksesan bagi murid Output yang berkualitas lahir dari guru guru yang ikhlas Termasuk ikhlas di sini seorang guru berbuat dan bertingkah laku yang sesuai antara ucapan dan tindakan Dalam hal materi ajar apabila memang tidak tahu guru secara ikhlas mengakui ketidak pahamannya Kedua seorang guru harus memiliki sifat zuhud Mengajar hanya karena Allah mengharap balasan dan ridlo dariNya Sebagaimana maklum profesi sebagai pengajar bernilai luhur dan terhormat dalam pandangan agama Islam Dengan sifat zuhud guru akan melaksanakan tugas tugasnya dengan penuh tanggung jawab Ketiga pendidik harus selalu suci dan bersih Suci badan dan anggota tubuhnya Terjaga dari perbuatan dosa suci jiwanya tidak sombong menghindar dari sifat riya dengki permusuhan dan sifat tercela lainnya Keempat memiliki sifat wara yakni mempunyai harga diri sebagai guru Ia haruslah menjaga dirinya dari segala sesuatu yang berbau syubhat agar ilmu dan pribadinya selalul terpelihara Kelima penyabar Sabar dalam menghadapi beragam kenakalan murid sabar menghadapi segala cobaan terkait tugasnya Baca juga Karakteristik Ahlussunnah wal Jama ahKeenam pendidik harus memiliki sifat murah hati Guru harus penyantun murah hati kepada murid muridnya mampu mengendalikan sifat amarahnya berlapang dada dan kasih sayang kepada murid muridnya Ketujuh memiliki akhlak yang baik memberikan keteladanan tingkah laku dan ucapan yang baik Karena murid akan meniru guru dalam banyak hal Tindakan murid selalu mengacu kepada guru karena apa yang dilakukan seorang guru akan dianggap baik oleh murid Kedelapan guru harus tegas dan menganggap muridnya sebagai anaknya sendiri Sikap tegas akan membuatnya terhormat Tegas menyampaikan pesan dan nasehat yang baik dibilang baik begitu pula sebaliknya Karena murid sejatinya merupakan anaknya Oleh karena itu sebagai seorang ayah atau ibu bagi murid guru mesti hadir dalam suasan kekeluargaan Pengayom pelindung dan menjaga murid supaya bertindak sesuai ajaran agama Wallahu a lam
Check Also
Saat Ziarah, Bolehkah Duduk di Kuburan?
Meskipun arus puritanisasi mengklaim ziarah kubur adalah ritual bid’ah, tapi tidak banyak muslim nusantara yang …
Shalat Ghaib untuk Korban Bencana
Pada tanggal 4 Desember 2021 telah terjadi peningkatan aktifitas vulkanik di gunung semeru. Hal itu …