Cuit Gus Sahal
Cuit Gus Sahal

UAS Geram Masjid Ditutup, Gus Sahal: Harusnya Dia Marah Juga ke Arab Saudi

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Agam (Kemenag) menutup sementara rumah ibadah sebagai bagian dari penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dalam rangka mengatasi pandemi Covid-19 yang tengah merajalela. PPKM diterapkan dari tanggal 3 Juli-2021. Dalam sebuah tayangan video virral, UAS geram dengan keputusan itu.

Aktivis Jaringan Islam Liberal Akhmad Sahal atau yang lebih akrab disapa Gus Sahal langsung menyindir kegeraman UAS tersebut. Gus Sahal membandingkan apa yang dilakukan Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi yang diketahui menutup 782 masjid demi mencegah Covid-19.

“Kalo UAS konsisten, harusnya dia marah-marah juga dong ama Saudi …,” cuit Gus Sahal dalam akun Twitter @sahal_AS, Minggu (4/7/2021).

Seperti diketahui, pembatasan kegiatan keagamaan disampaikan langsung oleh Menteri Agama Indonesia, yakni Yaqut Cholil Qoumas. Keputusan tersebut pun sudah seusai dengan rapat bersama kementerian yang dipantau dari Jakarta pada Jumat lalu, 2 Juli 2021.

Dalam keputusannya, tak hanya masjid yang ditutup, melainkan juga tempat-tempat ibadah agama lain.

 “Kementerian Agama juga sudah menyiapkan peraturan peniadaan peribadatan di tempat-tempat ibadah di luar agama Islam seperti di pura, wihara, kelenteng, dan sebagainya,” tutur Gus Yaqut.

Sementara, Kementerian Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan Islam Arab Saudi menutup sementara 18 masjid di seluruh wilayah Kerajaan tersebut setelah kasus virus Corona terdeteksi di antara jemaah.

Saudi Press Agency melaporkan bahwa wilayah Riyadh ada 11 masjid yang ditutup, sementara tiga lainnya di Provinsi Syarqiyah, dan dua masjid lagi masing-masing di Baha dan Asir.

Kasus virus corona di Arab Saudi telah menyebabkan penutupan sementara 782 masjid dalam 75 hari terakhir, sedangkan 725 masjid sudah dibuka kembali setelah tindakan sanitasi.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Azan Juga Berkumandang di Masjid Terbesar di Australia

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

AC Milan ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad

AC Milan Ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad Kepada Fans Beragama Islam

Milan – Klub sepakbola AC Milan memberi ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. …

Ken Setiawan di UM Metro

Ken Setiawan: Ribuan Kelompok Radikal yang Mengatasnamakan Agama di Lampung Masih Gentayangan

Lampung – Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan mengaku prihatin terhadap fenomena …