Muslim Selandia Baru
Muslim Selandia Baru

Voice of Islam’s Togetherness Tour Kotahitanga Kenalkan Islam Damai di Selandia Baru

New Plymouth – Aksi penembakan massal yang dilakukan teroris asal Australia, Brenton Tarrant, di dua masjid saat salat Jumat di kota Christchurch, Masjid Al Noor dan Linwood Islamic Centre, 15 September 2019 lalu, mengilhami dibentuknya gerakan atau kampanye bahwa Islam adalah agama damai. Kampanye itu bernama Voice of Islam’s Togetherness Tour Kotahitanga yang dilakukan berkeliling ke seluruh Selandia Baru.

Voice of Islam’s Togetherness Tour Kotahita digagas Western Institute of Technology di Te Piere o Te Rangi, Taranaki, menyikapi serangan di dua masjid tersebut. Serangan ini motifnya islamofobia. Mereka ingin warga Selandia Baru lebih mengenal Islam agar muncul sikap menghormati dan toleransi.

Pada Kamis (5/3/2020), Voice of Islam’s Togetherness Tour Kotahita berada di kota New Plymouth. Kegiatan ini diisi dengan pameran berjudul “Apa Itu Islam?” dari pukul 17.00 hingga 21.00 waktu setempat. Kegiatan lainnya kuliah umum mengenai Islam dimulai dari pukul 18:00 hingga 20:00, yang bertujuan untuk menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang Islam di dalam komunitas.

Pembicara tamu yang akan hadir adalah Fahad Tasleem, pendiri Institute DC Seminary yang memberdayakan umat Islam secara spiritual. Selain itu juga pembicara lainnya yakni Duta Besar One Ummah Tim Chambers dan pekerja sukarelawan Sierra Leone, John Fontain.

Seperti dilansir dari Stuff, Rabu (4/3/2020), tur yang mengajarkan soal Islam ini dilakukan di berbagai belahan Selandia Baru sebelum berakhir di Christchurch pada 15 Maret yang akan datang. Sementara itu, pada 15 Maret sebuah hari refleksi akan diadakan di Pusat Islam New Plymouth dari pukul 12.00 hingga 15.00 untuk mengenang para korban serangan di Masjid Christchurch.

Selain pameran Islam dan ceramah, tur ini juga diisi dengan acara penanaman pohon.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Ngaku Mimpi Bertemu Rasulullah SAW, Haikal Hasan Diseret ke Polisi

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

dr Fauzia Gustarina Cempaka Timur S IP M Si

Celah Intoleransi Dalam Beragama Diincar Kelompok Radikal Untuk Sebarkan Virus Radikalisme

Jakarta – Kelompok radikal selalu berupaya memanfaatkan berbagai cara untuk menyebarkan virus radikalisme. Salah satunya …

RDP Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan Komisi VIII DPR RI

Dai Harus Miliki Strategi Metode Dakwah yang Menitikberatkan Wawasan Keberagamaan dan Kebangsaan

Jakarta – Sertifikasi penceramah atau dai dilakukan demi meningkatkan pemahaman moderasi beragama kepada kalangan dai …