5 Bahaya Riba Yang Jarang Diketahui

0
179

Siapa yang tidak kenal dengan riba? Iya, riba merupakan kegiatan melebihkan jumlah pinjaman dari jumlah pinjaman pokok yang dibebankan kepada si peminjam. Seperti yang kita ketahui bahwa hukum riba sendiri adalah haram. Tujuan dari haramnya riba sendiri bukan tidak ada alasan, justru karena riba banyak bahayanya maka riba diharamkan. Bahkan tidak sedikit orang yang tidak mengetahui bahaya dari riba itu sendiri.

Adapun bahaya dari riba antara lain sebagai berikut:

1. Hilangnya Keberkahan Pada Harta Yang Dimiliki

Bahaya riba yang pertama adalah hilangnya keberkahan pada harta yang dimiliki. Jika seseorang yang melakukan riba, maka segala harta yang ia punya jauh dari keberkahan Allah SWT. Jika hartanya jauh dari keberkahan, maka sudah jelas apa yang ia makan, minum, atau segala macam benda yang ia kenakan dan gunakan pun jauh dari keberkahan Allah SWT.

Maka dari itu, jika ingin harta kita senantiasa diberkahi oleh keberkahannya Allah SWT, maka jauhilah perbuatan riba. Karena selain tidak akan memberkahi harta yang kita miliki, riba pun membuat orang lain menjadi sengsara dan membuat hidupnya jauh dari kata kemaslahatan.

2. Orang Yang Berinteraksi Dengan Riba Tidak Akan Tenang Jiwanya Yakni Seperti Orang Gila Yang Tidak Tenang Pernah Tenang  Jiwanya

Bahaya riba yang ke dua adalah siapa saja yang berinteraksi dengan riba maka jiwanya tidak akan pernah tenang layaknya orang gila yang tidak pernah tenang jiwanya. Hal tersebut sudah dijelaskan di dalam QS. QS Al-Baqarah [2]: 275.


الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لا يَقُومُونَ إِلا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ…..

Artinya: “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila…..” (QS Al-Baqarah [2]: 275).

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa alquran merupakan kitab suci, yang mana isinya bukan hanya bualan semata. Ayat di atas memang benar-benar akan terjadi kepada mereka yang senantiasa melakukan perbuatan riba. Maka dari itu, menjauhi riba memang harus dilakukan oleh semua orang terlebih oleh umat muslim.

3. Orang Yang Berinteraksi Dengan Riba Akan Disiksa Oleh Allah SWT

Bahaya dari riba yang selanjutnya adalah seseorang yang berinteraksi dengan riba maka ia akan disiksa oleh Allah SWT dengan siksaan yang pedih. Hal tersebut sebagaimana yang sudah diriwayatkan dari Samurah bin Jundub Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, menceritakan tentang siksaan Allah kepada para pemakan riba, bahwa “Ia akan berenang di sungai darah, sedangkan di tepi sungai ada seseorang (malaikat) yang di hadapannya terdapat bebatuan, setiap kali orang yang berenang dalam sungai darah hendak keluar darinya, lelaki yang berada di pinggir sungai tersebut segera melemparkan bebatuan ke dalam mulut orang tersebut, sehingga ia terdorong kembali ke tengah sungai, dan demikian itu seterusnya.”. (HR Bukhari).

Tentunya kita sebagai hamba tidak ingin mendapatkan siksaan yang pedih seperti itu. Karena bagaimanapun kita tidak bisa bahkan tidak mampu untuk melawan dan menahan siksaan kepedihan tersebut. Maka dari itu, jika tidak ingin mendapatkan kepedihan yang sangat pedih seperti halnya yang sudah dijelaskan oleh hadist di atas, maka menjauhi riba menjadi hal yang benar-benar dijauhi.

4. Allah SWT Tidak Akan Menerima Shadaqah, Infaq Dan Zakat Yang Dikeluarkan Dari Harta Riba

Bagi seorang muslim tentunya shadaqah, infaq, dan zakat menjadi ibadah yang diantara satu muslim dengan muslim lainnya saling berlomba agar ke tiga ibadah tersebut diterima oleh Allah SWT. Namun sayangnya, ke tiga ibadah tersebut tidaka akan diterima apabila asal muasal dana didapatkan dari hasil riba. Sebagaimana yang sudah dijelaskan oleh sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.


أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّبًا


Artinya: “Wahai manusia, sesungguhnya Allah itu maha baik dan tidak akan menerima sesuatu kecuali yang baik.” (HR Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

Dari hadist tersebut sudah jelas, apabila shadaqah, infaq, dan zakat berasal dari harta yang tidak baik yakni salah satunya adalah riba, maka otomatis ke tiga ibadah tersebut tidak akan diterima oleh Allah SWT.

5. Badan Yang Tumbuh Dari Harta Haram Berhak Disentuh Api Neraka

Dan bahaya riba yang terakhir adalah badan yang tumbuh dari harta haram maka tubuhnya berhak disentuh api neraka. Riba sendiri merupakan salah satu yang termasuk ke dalam harta haram. Maka dari itu, seseorang yang menjadikan uang riba untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maka, di akhirat kelak tubuhnya berhak disentuh oleh api neraka.

Hal tersebut juga diriwayatkan oleh hadist dari Ka’ab bin ‘Ujrah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda.


يَا كَعْبُ بْنَ عُجْرَةَ إِنَّهُ لاَ يَرْبُو لَحْمٌ نَبَتَ مِنْ سُحْتٍ إِلاَّ كَانَتِ النَّارُ أَوْلَى بِهِ


Artinya: “Wahai Ka’ab bin ‘Ujrah, sesungguhnya daging badan yang tumbuh berkembang dari sesuatu yang haram, akan berhak dibakar dalam api neraka.” (HR At-Tirmidzi).

Tentunya kita sebagai hamba Allah yang jauh dari kata sempurna dan jauh dari kata kuat untuk menahan atau menghadapi siksaan yang sangat pedih tersebut. Maka dari itu, satu-satunya jalan agar terhindar dari siksaan tersebut adalah menjauhi riba. Dengan begitu, bahaya yang akan kita terima dari perbuatan riba pun akan terselamatkan.

Wallahua’lam