Membaca surah al-kahfi

8 Manfaat Membaca Al-Qur’an Untuk Kesehatan

Al-Quran adalah wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dijadikan pedoman dan pegangan bagi seluruh umat manusia (tidak terbatas hanya kepada umat muslim saja).  Pedoman dan pegangan inilah yang akan menuntun kita kearah yang lebih baik untuk mendapatkan rahmat dan kebaikan dari Allah SWT. Hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, yakni Dari Abi Umamah ra. Ia berkata :

“Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘ Bacalah olehmu Al-Quran, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya)‘”

Dalam dunia kesehatan membaca Al-Qur’an juga mempunyai manfaaat untuk kesehatan. Hal ini dapat diketahui bahwa terdapat banyak manfaat membaca Al-Quran untuk kesehatan :

  1. Menstabilkan Tekanan Darah dan Detak Jantung
  2. Membantu Memusnahkan Sel-Sel Kanker
  3. Menurunkan Tingkat Stres

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmad Al Qadhi, direktur utama Islamic Muslim for Education and Research yang berpusat di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa bacaan Al-Quran menimbulkan efek relaksasi hingga 65 %.

Al-Quran juga memiliki pengaruh positif yang cukup signifikan dalam menurunkan ketegangan (stress).

  1. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Hal ini bisa dikatakan sebagai efek yang ditimbulkan saat mulai terbiasa membaca Al Qur’an. Lantunannya mampu mempertajam konsentrasi dan lebih fokus.

  1. Mencegah dan Mengatasi Kepikunan

Membaca Al-Quran secara rutin dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kerja otak kita karena secara spiritual Al-Quran merupakan kumpulan wahyu yang sempurna yang menenangkan jiwa, meningkatkan keyakinan dan menyeimbangkan hidup manusia.

Energi positif dari ayat-ayat Allah SWT ini dapat menjadi nutrisi otak yang paling berharga daripada sebuah obat.

  1. Meningkatkan Sel-sel Imun

Membaca dan mendengar lantunan ayat Al-Quran juga sangat baik untuk meningkatkan sel-sel imun sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan virus dan bakteri

  1. Menghasilkan Ide yang Produktif, Menarik dan Inovatif
Baca Juga:  Membahagiakan Anak Bisa Menjadi Penebus Dosa

Dengan membaca Al-Quran, hati, jiwa dan pikiran menjadi terelaksasi sehingga kita dapat melihat sesuatu dengan jernih.

  1. Memberikan Kedamaian dan Ketenangan

Al-Qur’an bukan hanya mampu menjadi obat dari segala macam gangguan yang berasal dari makhluk astral, melainkan Al-Qur’an sangat cocok dijaikan sebagai obat hati dari rasa gelisah, gundah, dan bingung.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah Ar-Ra’d ayat 28, yang artinya :

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram“

Manfaat membaca Al Qur’an begitu menakjubkan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

 

Bagikan Artikel

About Ahmad Cahyo

Avatar
Mahasiswa Program S2 PTIQ Jakarta