haji 1
haji 1

Arab Saudi Tangkap 15 Orang Penjahat Haji

Riyadh – 15 orang penjahat haji ditangkap otoritas keamanan Kerajaan Arab Saudi jelang puncak pelaksanaan ibadah haji. Ke-15 orang ditangkap terpisah setelah terbukti menawarkan layanan palsu ibadah haji. Langkah ini dilakukan Arab Saudi untuk memberikan keamanan dan kenyamanan para jamaah dari seluruh dunia.

Dilansir di Arab News, Jumat (1/7/2022), kepolisian Makkah menangkap tujuh warga dari berbagai negara. Mereka disebut mempromosikan layanan palsu di media sosial, yang melibatkan pelaksanaan haji yang dilakukan atas nama orang lain.

Dikutip dari SPA via Republika.co.id, iklan ilegal yang disebar secara daring ini juga berupaya untuk menyediakan transportasi ke tempat-tempat suci dan hotel. Pelaku juga disebut akan mengamankan dan mendistribusikan kurban untuk peziarah.

Dalam operasi terpisah, polisi Riyadh menahan tujuh warga karena menawarkan layanan transportasi palsu bagi jamaah haji ke Makkah.

Tak hanya itu, seorang warga lainnya harus ditahan karena menjalankan situs web tanpa izin di Riyadh. Ia berupaya untuk mempromosikan pelaksanaan haji yang ilegal.

Setelah ditangkap, para penipu ini akan ditahan dan dirujuk ke penuntutan umum.

Kementerian Haji dan Umrah Saudi sebelumnya memperingatkan terhadap situs mencurigakan dan akun media sosial yang menawarkan layanan terkait haji yang tidak sah.

Mereka juga menekankan, platform daring miliki Kementerian Haji adalah satu-satunya saluran resmi untuk memesan slot haji di dalam Kerajaan.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Check Also

Haji mabrur

Dewan Ulama Saudi Nyatakan Haji Tanpa Izin Dosa, Kemenag: Hanya Visa Haji yang Dibolehkan

Jakarta – Dewan Ulama Senior Arab Saudi menyatakan ibadah haji tanpa izin tidak diperbolehkan dan …

Relijius copy

Indonesia Menempati Negara Paling Relijius Sejagad

Jakarta – Indonesia adalah negera mayoritas beragama Islam. Sepertiga dari kurang lebih 270 juta penduduk …